Sharbat Gula Akhirnya Bebas dari Penjara

By , Senin, 7 November 2016 | 11:00 WIB

Setelah sebelumnya ditangkap atas tuduhan penipuan kartu identitas, Sharbat Gula, gadis Afghanistan yang pernah menghiasi sampul majalah National Geographic Juni 1985 kini dibebaskan. Gula akan dideportasi ke negara asalnya, yakni Afghanistan sesuai keputusan hakim pada Jum’at (4/11) lalu.

(Baca : Afghan Girl Ditangkap Atas Tuduhan Menggunakan Kartu Identitas Palsu)

Sharbat Gula mengaku bersalah di pengadilan Pakistan, karena telah menggunakan kartu identitas yang tidak sah. Ia dijatuhi hukuman 15 hari penjara dan diperintahkan untuk membayar denda sebesar 110.000 rupee (sekitar $ 1.050 AS). Menurut keterangan Mohsin Dawar, salah seorang pengacara Gula, wanita itu telah menjalani hukuman kurungan selama 11 hari dan bisa dibebaskan awal pekan depan.

Ia terancam diganjar kurungan penjara selama 14 tahun karena penggunaan ID palsu. Selain masalah hukum, Sharbat Gula, seorang ibu dengan tiga anak ini menderita hepatitis C. Suaminya, Rahmat Gul, seorang tukang roti, meninggal karena hepatitis sekitar empat tahun yang lalu. Pengacara Gula gagal memenangkan pembebasan dengan jaminan. Setelah penangkapan Gula, ia dipindahkan ke rumah sakit di Peshawar.

Pemerintah Afghanistan telah melakukan upaya diplomatik pada Pakistan untuk melepaskan Sharbat Gula atas dasar kemanusiaan, penyakit yang diderita, dan status Gula sebagai symbol pengungsi internasional.

Omar Zakhiwal, duta besar Afghanistan untuk Pakistan mengungkapkan pembebasan Gula dalam akun resmi Facebooknya. "Dengan penuh suka cita, saya mengumumkan bahwa Sharbat Gula sekarang bebas dari masalah hukum yang dialaminya selama beberapa minggu terakhir."

Kiri: Sharbat Gula ketika dipotret oleh fotografer Steve McCurry di kamp pengungsi di Pakistan pada tahun 1984. KananSetelah pencarian panjang, McCurry akhirnya berhasil menemukan kembali Gula pada tahun 2002. (Steve McCurry/National Geographic)

Potret Sharbat Gula dengan mata hijau laut nan tajam menjadikannya symbol pengungsi internasional. Potretnya muncul pertama kali di sampul National Geographic tahun 1985. Steve McCurry merupakan fotografer di balik potret gadis yang tinggal di kamp pengungsi terbesar di Pakistan, di mana hampir tiga juta orang Afghanistan mencari perlindungan dari tahun 1979 atas invasi Uni Soviet. Tahun 2002, McCurry berhasil melacak keberadaan Gula yang telah tumbuh dewasa. Ia memotret Gula lagi.