Pertarungan Penguin Mempertahankan Sarang dan Pasangan

By , Kamis, 10 November 2016 | 21:00 WIB

Penguin dikenal sebagai hewan yang setia pada pasangannya. Sekitar 72 persen penguin, akan kembali kawin dengan pasangannya yang sama dengan tahun lalu.

Ketika musim kawin dimulai pada akhir Oktober, biasanya para penguin jantan dan betina akan kembali ke sarang mereka. Namun tak selamanya rencana berjalan mulus.

Jika pasangan dari musim kawin sebelumnya tak kunjung kembali ke sarang, penguin betina kemungkinan besar akan mencari pasangan lain. Hal ini tidak menjadi masalah jika si penguin jantan benar-benar tidak datang. Akan tetapi beda ceritanya jika penguin jantan hanya terlambat kembali ke sarang.

Ketika penguin jantan menemukan pasangannya bersama pejantan lain, penguin ini akan menyerang pejantan tersebut. Perkelahian ini, bisa berubah menjadi bencana bagi kedua penguin jantan tersebut.

Dunia perkawinan penguin melibatkan struktur sosial yang kompleks. Sekali saja terjadi kesalahan, semuanya bisa berakhir menjadi tragedi berdarah, seperti yang tampak pada tayangan video National Geographic Wild berikut ini.