Tempat Tidur Canggih untuk Menenangkan Tidur Bayi

By , Minggu, 20 November 2016 | 19:00 WIB

The Snoo, sebuah boks pintar yang merupakan kombinasi antara Yves Behar, seorang desainer dari Jawbone, dan alat yang dapat melacak pergerakan dan tidur dengan Dr. Harvey Karp seorang dokter anak dan penulis dari The Happiest Baby on the Block.

Karp berpendapat bahwa bayi manusia dilahirkan kurang berkembang dibandingkan dengan mamalia lain pada usia tiga bulan awal atau trisemester keempat.  Itulah mengapa alat ini diciptakan dengan menggunakan metode ‘the Five Ss’ untuk menenangkan bayi yang menangis yakni dengan Swaddling, Shushing, Swinging  dan Sucking. Metodenya menuai kontroversi, kritikus mengklaim bahwa tidak adanya bukti dalam konsep ‘refleks menenangkan’, tapi hal ini tidak menghentikan dokter anak ini dengan mendapatkan dukungan dari selebriti seperti Michelle Pfeiffer dan Madonna.

Fuseproject milik Behar bekerjasama dengan Karp selama lima tahun untuk mengembangkan sebuah tempat tidur yang dapat menenangkan bayi menangis, dan hasilnya menurut Behar ‘Ini adalah tempat tidur bayi teraman di dunia’.

Tempat tidur ini memiliki tiga buah mikrofon untuk mendeteksi jika bayi sedang menangis dan di bawah matrassnya terdapat sebuah sensor gerakkan, alat pengeras suara dan sebuah alat pengendali. Perangkat ini dikomninasikan untuk mendeteksi suara dan gerakkan yang kemudian akan memicu alat untuk menggerakkan tempat tidur secara lembut sampai bayi menjadi lebih tenang dan kembali tidur. Tempat tidur The Snoo ini dirancang dengan sensor yang dapat memonitor suhu bayi serta dibuat untuk meniru ‘kehangatan yang nyaman’ seperti ketika di dalam rahim, selain itu alat ini juga mudah untuk dilepas dan dicuci.

Tentu saja, alat ini juga dilengkapi dengan aplikasi tersendiri yang dapat dignakan oleh orang tua untuk memantau anaknya yang sedang tidur. Aplikasi Snoo ini juga menjanjikan sebuah pembaharuan di masa depan agar orang tua dapat melacak kebiasaan waktu tidur bayinya jika ada kemajuan ataupun penyimpangan. Tujuannya tidak hanya untuk meningkatkan kualitas tidur dari anak-anaknya tetapi juga bagi para Orang tua.

Seperti yang Behar katakan, “Sebagai ayah dari empat orang , saya akrab dengan kurangnya waktu tidur dan hal ini menjadi lebih dari sebuah beban, alat ini dapat dengan cepat menjadi solusi bagi orang tua dan bayinya.”