Kanibalisme Macan Tutul Tertangkap Kamera

By , Selasa, 29 November 2016 | 09:00 WIB

Dalam foto mengejutkan, macan tutul terlihat sedang menarik bangkai macan tutul lain dari pohon, mungkin untuk memakannya.

Ada banyak contoh dari kanibalisme macan tutul di alam liar, dan para ahli berspekulasi tentang kemungkinan penyebabnya. Dalam skenario yang paling umum, macan tutul jantan yang lebih tua akan membunuh macan tutul muda untuk menangkal persaingan dan perebutan wilayah mereka.

Presiden organisasi konservasi kucing besar Panthera, Lukas Hunter mengatakan bahwa alasan evolusi macan tutul yang membunuh macan tutul lain, terutama anaknya, sudah jelas.

“Dengan pejantan muda yang lebih sedikit, macan tutul betina akan kawin dengan macan tutul yang lebih tua di wilayah tersebut.

Meskipun kebrutalan tampak jelas pada kanibalisme macan tutul, hewan ini sebenarnya membentuk ikatan kekeluargaan yang tahan lama dengan pasangan dan anak-anak mereka.

Macan tutul bersiap untuk menurunkan bangkai macan tutul lain dari atas pohon, untuk kemudian disantap. Foto ini diambil di Londolozi Private Game Reserve, Afrika Selatan. (Sergey Gorshkov/National Geographic)

Memotret macan tutul

Fotografer alam liar, Sergey Gorshkov telah memotret macan tutul selama beberapa dekade, setelah ia terpikat oleh ekspedisi fotografi alam liar Afrika pertamanya.

“Menyaksikan macan tutul, saya jatuh cinta pada hewan ini,” ujar Gorshkov.

“Tangkas, kejam, dan berbahaya serta mematikan, macan tutul adalah kucing besar paling sulit dipahami,” tambahnya.

Ia merencanakan perjalanannya dengan mengkhususkan untuk memotret macan tutul. Gambar-gambar di atas diambil di Londolozi Private Game Reserve, Afrika Selatan.