Pertamina Gelar Kompetisi Inovasi Energi Baru dan Terbarukan

By , Kamis, 29 Desember 2016 | 20:00 WIB

Dalam beberapa tahun terakhir, ketahanan energi Indonesia semakin merosot. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan laju ketersediaan energi dengan kebutuhan. Potensi cadangan energi fosil yang terbatas, menipis dan pencarian yang sudah sangat sulit dilakukan akan mendatangkan kendala besar di masa depan.

Karena itulah, pengembangan energi baru dan terbarukan kini menjadi kebutuhan mendesak di Indonesia. PT Pertamina (Persero) mendukung penuh upaya pengembangan serta pemanfaatan energi baru dan terbarukan, termasuk dengan menggalang partisipasi masyarakat di dalam diversifikasi dan konservasi energi. Salah satunya dengan mengadakan Pertamina d’Gil (Ide Gila).

Pertamina d’Gil merupakan kompetisi inovasi tentang ide bisnis dan terobosan produk serta teknologi seputar energi baru dan terbarukan.

“Kompetisi ini adalah salah satu cara dan wadah untuk mengeksplorasi ide inovatif terkait bisnis energi baru dan terbarukan melalui sarana mentoring hingga pendanaan, sehingga dapat ditransformasikan menjadi sebuah bisnis yang dapat dikembangkan dan diimplemetasikan sebagai pengganti energi konvensional" ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro.

Kompetisi yang berlangsung mulai 7 Desember 2016 hingga 5 Maret 2017 ini diperuntukkan bagi pelajar, profesional (akademisi, peneliti, praktisi, pekerja) dan perusahaan yang mampu membuat konsep tentang energi baru dan terbarukan.

Ada dua kategori tema yang bisa diikuti dalam kompetisi ini, yaitu “Ide Bisnis Inovatif” dan “Terobosan Produk & Teknologi”. Peserta dapat mengirimkan ide-ide kreatifnya melalui http://www.pertaminaidegila.com.

Salah satu dewan juri sekaligus pengarah kompetisi Pertamina d’Gil, Yoris Sebastian, mengungkapkan, panitia Pertamina d’Gil akan mengadakan roadshow seputar kompetisi ini di berbagai kota, yaitu di Depok, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Makassar.

“Selain itu, peserta yang terpilih menjadi finalis akan mengikuti Coaching Clinic, Experiential Learning, Mentoring dan Kolaborasi Mentoring,” katanya.

Pemenang akan mendapatkan hadiah dengan nilai total mencapai Rp 500 Juta dan mengikuti creative trip. Ide-ide para pemenang nantinya akan diwujudkan Pertamina untuk dikembangkan lebih jauh, sehingga bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kompetisi Pertamina d'Gil, klik di sini.