Selamat Hari Margasatwa Dunia 2017!

By , Jumat, 3 Maret 2017 | 15:00 WIB

Setiap tanggal 3 Maret, kita memperingati Hari Margasatwa Dunia atau World Wildlife Day. Inilah momen bagi kita untuk merayakan  keanekaragaman dan keindahan flora dan fauna liar yang ada di Bumi dan meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya konservasi  satwa liar bagi kehidupan manusia.

Selain itu, perayaan ini juga mengingatkan kita terhadap pentingnya meningkatkan upaya dalam memerangi kejahatan terhadap satwa liar, yang memiliki dampak buruk dan meluas bagi lingkungan, sosial dan ekonomi.

"Perburuan dan perdagangan ilegal menimbulkan ancaman signifikan bagi satwa liar, terutama beberapa spesies yang paling ikonik dan terancam di dunia. Penegakan hukum secara tegas merupakan hal penting, begitu juga dengan kesadaran masyarakat. Sebagai konsumen, kita memiliki kekuatan untuk menuntut bahwa semua produk satwa liar berasal dari sumber yang berkelanjutan," kata Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres.

Tahun ini, perayaan Hari Margasatwa Dunia  mengangkat tema “Listen to the young voices” atau “Dengarkan suara-suara pemuda”. Tujuannya, memberikan ruang bagi para generasi muda untuk turut aktif terlibat dan bertindak dalam upaya melestarikan margasatwa.

Mengapa suara generasi muda begitu penting? Para pemuda menyampaikannya dalam video berikut ini.

Baca juga: 8 Aksi Sederhana untuk Membantu Pelestarian Satwa Liar