Google Doodle Rayakan 37 Tahun Taman Nasional Komodo

By National Geographic Indonesia, Senin, 6 Maret 2017 | 13:00 WIB
Komodo menjadi salah satu ciri khas kekayaan fauna Indonesia. (Ringo_Wong_hkherper/Getty Images/iStockphoto)

Pagi di desa Komodo, sebagian besar penduduk di sini bekerja di Taman Nasional, baik sebagai jagawana, maupun berjualan cendera mata. (Zulfiq Ardi Nugroho/National Geograhpic Indonesia)

Pemandangan teluk di Pulau Padar. Padar merupakan salah satu pulau besar yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. (Zulfiq Ardi Nugroho/National Geograhpic Indonesia)

Vegetasi darat yang dapat ditemukan di taman nasional ini yaitu rumput, semak, dan beragam spesies pohon yang jadi sumber makanan bagi fauna lokal, termasuk jarak pagar, kedongdong hutan, asam jawa, dan kesambi.

Tak hanya itu, taman laut Taman Nasional Komodo juga memiliki keanekaragaman hayati yang berlimpah. Terdapat lebih dari 1.000 jenis ikan, 260 jenis karang, dan 70 jenis sponge, moluska, cacing laut, krustasea dan beragam mamalia laut. Perairan di Taman Nasional Komodo merupakan salah satu yang terkaya di dunia dan menjadi lokasi penyelaman terbaik di Indonesia, dengan lebih dari 100 titik penyelaman.

Beberapa waktu lalu, National Geographic Indonesia mengunjungi Taman Nasional Komodo dalam rangka penjelajahan Inspirasi Pendidikan Negeri. Mari mengenal komodo lebih dekat melalui video 360 bertajuk "Berjumpa Kadal Purba di Barat Flores".