Matseni Pembela Kaum Miskin Betawi

By , Selasa, 21 Maret 2017 | 18:00 WIB

"Mpok Nurkamah baca Yasin Sambil elus-elus perutnye yang kayak balon mao meletus Perutnye mulein sakit Nyak Iden dukun beranak dateng   Die elus perut mpok Nurkhamah Terdengar azan Jumat Bebarengan dengan ntuh, 16 Februari 1894 Lahirlah bayi sehat di Sawah Besar Orang tuanye kasi nama Mohammad Husni Thamrin Thamrin Mohammad Tabri babenye Matseni, punya bapak tuan Ort asal Inggris   Tepat 2 Mei 1900 MH Thamrin masuk sekole   Dalam pergaulan die biase dipanggil Matseni Temennye Udin Tibi, Matsenun, Matkeling Daus, dan Bohri Mandi di kali Ciliwung udah biase Girang giring anak-anak Ikut Matsenun ke Luar Batang   Jual kembang itu tujuannye Tepat 27 Mei 1905 die disunat Diarak keliling kampung naik kuda Diiiringin ondel-ondel   Matseni tumbuh dewasa juge cerdas Tapi die gelisah lihat banjir bawa bencana   Die omong ame orang Belande Agar bise buat kanal   Pecah aliran aer Ciliwung ke kali Krukut Ide disetuji jadilah kanal kali di gang Kelor Di Dewan Kota die pidato Die bilang rakyat Jakarta sengsara   Banjir, jalan becek, apelagi ketika ujan ngerecek Jalan utama mulus, jalan kampung kagak keurus Malaria sedot darah rakyat dengan gembira   Die bicara lantang ke orang Belanda Urus itu semua yang bikin rakyat miskin jadi kurus   Pidatonye bagus, anggota dewan ampe tepok tangan Biar lebih loas perjuangannye, 1927, Matseni gabung ke Volksraad   Makin moncer jalan pembelaannye buat bangsanye   Ya, itulah Matseni maenin jalan pikir Bela yang lemah kagak kenal takut   Mari kita jaga api semangat juangnya" Mohammad Husni Thamrin, pria kelahiran Sawah Besar 16 Februari 1894 adalah anak dari Wedana Mohammad Tabri Thamrin dan Nurkhamah. Mohammad Tabri Thamrin meruapakan anak dari Ort, pria berkebangsaan Inggris yang menikah dengan Nuraini, seorang wanita Betawi. Ketika 10 tahun Mohamad Tabri Thamrin diajak pergi ke Inggris oleh ayahnya untuk diperkenalkan pada keluarga besar Ort. Dalam perjalanan, Ort meninggal dan menjadikan usaha untuk memperkenalkan anaknya gagal, lalu kembali lagi ke Betawi dengan hasil nihil.

Baca juga: Rencana Balas Dendam Korban Holocaust Terungkap

Setelah Ort wafat, Thamrin diadopsi oleh Mohammad Thabri (paman dari pihak ibu), seorang pejabat di Kepulauan Seribu, lalu Thamrin diberi nama Thamrin Mohammad Thabri. Perkawinan Thamrin Mohammad Thabri dengan Nurhamah melahirkan Mohammad Husni Thamrin. Mohamad Tabri Thamrin kaya raya lantaran mewarisi kekayaan dari ayah dan ayah angkatnya.

Thamrin kecil yang berkawan akrab dengan kaum kecil terus tumbuh menjadi pribadi cerdas.  Berkat kemampuan dan kecerdasaran, ia dipercaya untuk bergabung di Dewan Kota. Nah, ketika di Dewan Kota inilah MH Thamrin menjadi singa podium yang tangguh. Pembelaannya terhadap rakyat kecil dibuktikan dengan berbicara lantang di Dewan Kota. “Sejak kecil walau saya anak wedana, saya bergaul dengan anak-anak rakyat jelata. Sejak kecil saya dihadapkan pada kenyataan pahit kehidupan saya. Banjir menimbulkan kemelaratan dan penyakit. Saya melihat sendiri betapa becek kampung dan jalan tempat saya bermain. Betapa gelap pada malam hari karena tidak ada penerangan. "

Patung Mohammad Husni Thamrin yang berada di pelataran museum yang mengenang namanya, Jalan Kenari II nomor 15, Jakarta Pusat. (Rachmad Sadeli)

"Saya ingin itu semuanya berubah. Jalan-jalan menjadi aspal. Air minum hendaknya, air bersih, kesehatan hendaknya dipelihara, dan jalan mendapat lampu penerangan. Saya hanya mengharapkan agar cita-cita saya itu dapat menjadi kenyataan." (Pidato MH Thamrin di depan Dewan Kota, 27 Oktober 1919, sumber buku Matahari Jakarta, karya Sokento S.A).

Yup, itulah MH Thamrin atau biasa disapa Husni, gigih berjuang membela kaum kecil di kotanya. Tak hanya itu, setelah menjadi anggota Dewan Kota, 16 Mei 1927, pria dengan julukan Matahari Jakarta ini bertugas di Dewan Rakyat (Volksraad). Di Dewan rakyat ini Thamrin sibuk untuk menghapuskan Peonale Santie, peraturan yang memberatkan kuli-kuli kontrak.

Baca juga: Maximón, Santo Perokok dan Peminum Alkohol yang Dihormati di Guatemala

Pada hari Sabtu, 11 Januari 1941, panas badan Thamrin meninggi. Beberapa kali, ia muntah. Lalu, pagi buta, Thamrim meninggal dunia. Minggu pagi, seluruh Jakarta berkabung. Lebih dari 100 karangan bunga memenuhi halaman rumah di jalan Sawah Besar No. 32. Tak kurang dari 200 telegram duka cita diterima. Iring-iringan janazah sepanjang 7 km melalui Sawah Besar, Harmoni, Tanah Abang, dan berakhir di Karet Bivak.

Semua tukang sayur, tukeng kue, kuli-kuli jalanan menghentikan kegiatannya. Sejenak menghormati kepergian orang yang telah banyak memperjuangkan perbaikan kampung, perbaikan nasib dan membebaskan rakyat dari bahaya banjir.