Mengintip Wisata Flora dan Gedung Konservasi Kebun Raya Bogor

By , Kamis, 30 Maret 2017 | 13:00 WIB

Program wisata flora dan gedung konservasi dilaksanakan sesuai dengan visi Kebun Raya Bogor, yaitu "menjadi salah satu Kebun Raya terbaik di dunia dalam bidang konservasi, penelitian tumbuhan tropika, pendidikan lingkungan, dan pariwisata." 

Wisata flora memberikan pemanduan, bimbingan, dan sarana yang dapat menunjang kegiatan pendidikan lingkungan. Program yang sudah berjalan hampir 25 tahun ini juga sejalan dengan kurikulum sekolah sehingga dapat menjadi pelengkap kurikulum dalam memperkenalkan tumbuhan dan isu-isu lingkungan hidup. 

Bagi pegunjung yang ingin mengikuti program ini, terdapat tiga paket wisata flora serta satu modul tambahan dan satu program khusus. Dengan biaya Rp37.000,-, pengunjung dapat memilih program wisata flora yang tersedia, yaitu paket wisata tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama sampai Sekolah Menengah Atas. 

Siswa sekolah dasar didampingi pemandu menjelajah Kebun Raya Bogor sembari mendapat penjelasan tentang beragam tumbuhan yang ada di kebun raya ini. (Yunaidi/ National Geographic Indonesia)

Pendaftaran wisata flora dapat dilakukan di Gedung Konservasi. Gedung ini memiliki tiga lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Lantai pertama berfungsi sebagai kantor divisi pengurus Kebun Raya Bogor dan divisi Bagian Jasa dan Informasi. Di lantai ini juga terdapat perpustakaan Kebun Raya Bogor yang dapat dikunjungi setiap hari kerja. 

Di Lantai 2 terdapat aula yang dapat memuat sekitar 50 pengunjung dan biasa digunakan untuk presentasi. Pengunjung dapat melihat presentasi audiovisual mengenai pengenalan lingkungan Kebun Raya Bogor, koleksi keanekaragaman tanaman, dan juga sejarah mengenai Kebun Raya Bogor. 

Di lantai paling atas terdapat 3 gedung pertemuan yang dapat disewa oleh pengunjung. Masing-masing ruangan memiliki fasilitas sound system, meja, dan proyektor yang dapat menampung 25-200 orang. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2007, dengan harga yang berkisar Rp500.000-Rp3.000.000,- pengunjung dapat menggunakan ruangan-ruangan tersebut untuk kegiatan workshop, rapat, maupun seminar.