Perayaan 200 Tahun Kebun Raya Bogor

By , Sabtu, 20 Mei 2017 | 14:52 WIB

Menyambut dua abad usianya, Kebun Raya Bogor menyelenggarakan pesta.

Lapangan sisi Jalan Astrid di Kebun Raya Bogor dipenuhi oleh tenda-tenda dan sebuah panggung. Musik nan rancak memenuhi udara. Beragam kesenian dibawakan oleh anak-anak usia sekolah di Bogor.

Salah satu gerai yang menggelar hasil laboratorium kultur jaringan di Kebun Raya Bogor, dalam rangka ulang tahun ke-200 yang berlangsung hinggal 21 Mei 2017. (Titania Febrianti)

Jika Anda ingin menjumpai dan mengetahui perbedaan antara bunga bangkai raksasa Amorphophallus titanum dan Rafflesia arnoldii, silakan mampir ke area di depan panggung. Di sana terdapat pula peta raksasa Indonesia yang dititiki oleh sebaran kebun raya di seluruh Indonesia mulai dari Sumatra hingga Papua.

Di tenda sekeilingnya, selain diisi oleh perusahaan-perusahaan, Anda bisa pula menjumpai gerai berbagai kebun raya daerah di Indonesia seperti Kebun Raya Bali, Enrekkang, Purwodadi, Baturraden dan daerah lainnya.

Herbarium Kebun Raya Bogor menampilkan koleksi tanaman yang dikeringkan, koleksi kayu pohon tumbang, serta awetan Rafflesia patma yang pernah mekar di sana. (Titania Febrianti)

Museum Zoologi serta Herbarium juga mengeluarkan koleksi awetan satwa dan tanaman yang dimiliki Kebun Raya Bogor, yang ramai dikunjungi anak-anak hingga pengunjung mancanegara.

Mobil tidak diperkenankan masuk ke dalam kebun raya. Pengunjung bisa memarkir kendaraan di Plaza Lippo Kebon Raya Bogor secara cuma-cuma, dan masuk ke dalam kebun raya melalui pintu 3 yang terletak tepat di seberangnya.