Rentetan Potret Antik Tampilkan Pesona Pengantin Wanita di Berbagai Penjuru Dunia

By , Jumat, 18 Agustus 2017 | 13:00 WIB

Gaun pengantin putih nampaknya menjadi gaun yang wajib dikenakan wanita Barat pada pernikahannya. Namun, tampilan ikonis ini memiliki sejarah yang relatif singkat. Jenis gaun ini baru populer pada tahun 1840, ketika Ratu Victoria menikahi Pangeran Albert. Sebelum itu, gaun pengantin putih hanya diperuntukkan bagi para elite yang mampu menjaga pakaian mereka untuk tetap bersih.

Di seluruh dunia, berbagai tradisi pernikahan membawa serta berbagai pakaian yang unik dan lebih dari sekedar gaun putih. Rentetan potret ini menunjukkan warna, bordir, bulu binatang, dan perhiasan yang mempercantik aksesori pernikahan di seluruh dunia selama beberapa dekade.

Seorang pengantin mengenakan kostum tradisional dengan pakaian bordir dan kerudung. Palestina 1914 (American Colony Photographers, National Geographic Creative)
Seorang pengantin wanita Hongaria berpose mengenakan pakaian pernikahan tradisional. Hungaria (A.W. Cutler, National Geographic Creative)
Seorang mempelai wanita, puteri seorang kepala suku, mengenakan kostum pengantin. Lhasa, Tibet, Cina. 1912 (Shaoching H. Chuan, National Geographic Creative)
Potret pasangan pengantin muda yang berpakaian khas kostum pengantin. Mezokovesd, Borsod, Hungaria. 1930 (Hans Hildebrand, National Geographic Creative)
Seorang pengantin berdiri memakai gaun khas Polandia. Polandia 1930 (Hans Hildebrand, National Geographic Creative)
Seorang pengantin mengenakan pakaian tradisional untuk menunjukkan bahwa dia akan menikah. Palestina 1925 (Maynard Owen Williams, National Geographic Creative)
Seorang wanita yang sudah menikah dan calon pengantin berdiri dalam pakaian budaya. Ulvik, Norwegia. (Gustav Heurlin, National Geographic Creative)
Seorang mempelai wanita berpose untuk foto hari pernikahannya di Gastouri. Yunani 1930 (Maynard Owen Williams, National Geographic Creative)
Pindah ke halaman berikutnya untuk menikmati lebih banyak ragam potret gaun pernikahan mempelai wanita yang unik.
!break!

Dua pengantin Nashi memakai kostum pernikahan China. Yunnan Province, China. 1924 (Dr. Joseph F. Rock, National Geographic Creative)
Potret mempelai pria dan wanita. Topi yang dikenakan mempelai pria dihiasi bulu untuk membawa keberuntungan. Krakow, Polandia. 1932 (Hans Hildebrand, National Geographic Creative)
Seorang pengantin wanita dan ibunya bepergian dengan kereta api. Jepang 1911 (Courtesy National Geographic Creative)
Pasangan muda yang telah menikah dalam balutan pakaian tradisional. Iglesias, Sardinia, Italia. 1916 (Courtesy National Geographic Creative)
Pasangan pengantin berpose untuk foto pernikahan mereka di Brittany. Brittany, Perancis. 1923 (Jules Gervais Cortellemont, National Geographic Creative)
Seorang pengantin wanita duduk di antara dua pelayan di pernikahannya. Calibria, Italia. 1909 (Arthur Warner, National Geographic Creative)
Pengantin wanita Cina dengan buket bunga. Republik Rakyat Cina. 1919 (Maynard Owen Williams, National Geographic Creative)
Potret pengantin pria dan wanita Slovakia dalam balutan pakaian tradisional. Bohemia (Erdelyi, National Geographic Creative)