Daging Merah Tingkatkan Penyakit Jantung Melalui Bakteri Usus

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 7 Januari 2022 | 14:00 WIB
Melalui bakteri dalam usus, daging merah meningkatkan resiko penyakit jantung. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Bukan rahasia lagi bahwa makan steak dan burger dengan keras tidak akan membuat jantung Anda baik. Efek ini biasanya disebabkan oleh tingginya jumlah lemak dan kolesterol yang ditemukan dalam daging merah, tetapi sebuah studi baru menunjukkan penyebab lain mungkin bertanggung jawab yakni bakteri di usus.

Seperti dilaporkan dalam jurnal Nature Microbiology, sebuah studi baru didasarkan pada bukti bahwa bakteri usus dan senyawa yang diproduksi oleh beberapa di antaranya trimetilamina-N-oksida (TMAO) memiliki hubungan yang menarik dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke yang terlihat pada orang dengan diet berat daging merah.

Usus kita adalah rumah bagi triliunan dan triliunan mikroorganisme. Sebagian besar benar-benar tidak berbahaya. Pada kenyataannya, memainkan beragam fungsi penting seperti memecah makanan, membuat vitamin, memandu metabolisme, dan memperkuat sistem kekebalan kita.

Beberapa dari pekerjaan ini dilakukan melalui senyawa yang diproduksi dan disekresikan oleh bakteri. Salah satu senyawa ini adalah TMAO, yang diproduksi oleh bakteri tertentu dari kolin, lesitin, dan karnitin. Tiga nutrisi yang ada di banyak produk hewani ini berlimpah di daging merah dan hati.

Dalam studi terbaru ini, tim peneliti dari Cleveland Clinic menemukan bahwa tingginya tingkat TMAO yang beredar di dalam tubuh telah terbukti menjadi indikator kuat bahwa seseorang berisiko terkena serangan jantung, stroke, dan bahkan kematian. Lebih lanjut, mereka menemukan peningkatan dua sampai tiga kali lipat pada tingkat TMAO pada orang yang makan daging merah sebagai sumber protein utama mereka selama satu bulan, dibandingkan dengan peserta yang mengandalkan daging putih atau makanan nabati sebagai sumber protein utama mereka.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Ada Ratusan Spesies Bakteri yang Hidup di Usus Manusia

Ada beberapa kabar baik, namun beberapa dampak daging merah pada bakteri usus dan TMAO tampaknya relatif reversibel. Penelitian mereka menunjukkan bahwa tingkat TMAO turun ke tingkat yang lebih sehat dalam waktu tiga sampai empat minggu setelah memotong daging merah dari makanan mereka.

“Kami tahu faktor gaya hidup sangat penting untuk kesehatan jantung, dan temuan ini didasarkan pada penelitian kami sebelumnya tentang hubungan TMAO dengan penyakit jantung,” ujar Dr Stanley Hazen, penulis studi dan Ketua Departemen Kedokteran Seluler dan Molekuler di Institut Penelitian Lerner Klinik Cleveland.

“Mereka memberikan bukti lebih lanjut tentang bagaimana intervensi diet dapat menjadi strategi pengobatan yang efektif untuk mengurangi tingkat TMAO dan menurunkan risiko penyakit jantung,” sambungnya.

Melalui bekerja dengan bakteri terisolasi, tim menyelidiki bagaimana mikroorganisme di usus membuat TMAO dari kolin, karnitin, dan lesitin. Pengetahuan ini, mereka percaya, dapat membantu membuka jalan menuju intervensi medis dan nutrisi yang mengurangi risiko seseorang untuk penyakit kardiovaskular.

“Kita dapat menggunakan tingkat TMAO untuk membantu mempersonalisasi pilihan diet pada individu untuk membantu mengidentifikasi, untuk orang tertentu, berapa banyak daging merah yang terlalu banyak, dan bagaimana mencoba mengejar setelah menurunkan level, sama seperti yang kita lakukan. dengan kadar kolesterol atau kadar trigliserida atau kadar glukosa,” jelas Dr Hazen.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Mikrobioma, Jasad Renik si Penghuni Tubuh Manusia