5 Kiat Memotret Museum Seni Ala Fotografer National Geographic

By , Rabu, 20 September 2017 | 13:00 WIB

Editor Foto National Geographic, Matt Adams memberikan tips fotografi untuk kunjungan ke galeri seni. Simak lima tips darinya mengenai bagaimana mendapatkan foto menarik yang bisa Anda ciptakan saat berkunjung ke museum atau galeri seni.

1. Pilih lensa yang tepat

Sudah siap berangkat ke galeri seni? Sebelum menyiapkan perangkat kamera dan lensa Anda, pertimbangkan berapa banyak perangkat foto yang  ingin dibawa. Usahakan agar hanya membawa satu atau dua lensa seperti lensa berukuran kecil 35mm atau 24-70mm mengingat sesi berburu foto di galeri ini sifatnya indoor. Pastikan juga apakah galeri yang Anda kunjungi menetapkan peraturan tidak boleh memakai flash agar anda tidak ditegur oleh petugas galeri karena melanggar peraturan.

2. Pengunjung sebagai objek foto anda

National History Museum, London. (Giannhs John/National Geographic Your Shot)

Perhatikan bagaimana pengunjung galeri berinteraksi dengan benda-benda yang ada di galeri. Semua orang mungkin bisa memotret lukisan terkenal yang ada di dinding, tetapi akan lebih menarik apabila Anda mencari komposisi yang lebih menarik. Dengan mengalihkan fokus kepada pengunjung, foto yang diambil akan terasa lebih hidup.

3. Potret arsitektur galeri

Guggenheim Museum Bilbao, Bilbao, Spanyol. (Breda Jurecko/National Geographic Your Shot)

Terkadang galeri memiliki desain arsitektur yang unik sehingga dapat menjadi objek yang menarik. Sebelum melangkah masuk ke galeri pastikan Anda mempelajari desain dari bangunan galeri yang dikunjungi. Carilah perspektif-perspektif yang sekiranya unik dan coba tangkap karakteristik unik yang dimiliki sang bangunan.

4. Perhatikan Pencahayaan

Mandore Museum, Jodhpur, India. (David Taggart/National Geographic Your Shot)

Galeri seni biasanya memiliki pencahayaan yang indah, entah itu cahaya natural yang dimasukan oleh jendela besar ataupun pencahayaan unik yang dihasilkan lampu-lampu di dekat instalasi seni.

5. Jangan (hanya) potret karya seninya

The Louvre, Paris. (Charly Lataste/National Geographic Your Shot)

Tentunya ketika orang datang ke galeri seni mereka ingin mencari inspirasi atau untuk ditakjubkan oleh karya-karya seni yang ada. Jangan hanya potret lukisan ataupun patung yang ada. Cari sesuatu menarik yang terjadi di ruangan dan jadikan itu bagian dari foto Anda, seperti  contohnya foto diatas dimana pengunjung galeri melihat lukisan Mona Lisa yang terkenal itu.