Rayakan Hari Badak Sedunia dengan “Berlari untuk Badak”

By , Jumat, 22 September 2017 | 17:00 WIB

Untuk memperingati Hari Badak Sedunia atau World Rhino Day yang jatuh setiap tanggal 22 September, Tim Badak mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam acara bertajuk “Berlari untuk Badak”. Kegiatan berlari bersama tersebut akan diadakan pada hari Minggu, 24 September 2017 dengan titik kumpul di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Tim Badak adalah sebuah kelompok yang terdiri dari enam organisasi konservasi berbasis ilmu pengetahuan yang berkolaborasi untuk menyelamatkan Badak Sumatra. Keenam organisasi tersebut adalah The International Rhino Foundation (IRF), Yayasan Badak Indonesia (YABI), World Widelife Fund for Nature (WWF) Indonesia, Wildlife Conservation Society (WCS), Forum Konservasi Leuser (FKL), dan Leuser International Foundation (IFL).

Selain lari bersama, beragam kegiatan lain terkait kampanye pelestarian badak juga dilakukan di berbagai daerah, di antaranya Kota Medan, Way Kambas, Yogyakarta, dan Ujung Kulon. Sectionov, Liaison IRF mengungkapkan, seluruh kegiatan tersebut memiliki satu tujuan yang sama, yakni untuk mengenalkan badak Indonesia dan menyuarakan kondisi darurat satwa tersebut kepada masyarakat luas.

Hanya ada lima spesies badak yang masih tersisa di dunia, dua diantaranya terdapat di Indonesia, yaitu badak jawa (Rhinoceros sondaicus) dan badak sumatra (Dicherorinus sumatrensis). Kedua jenis satwa langka dan dilindungi ini dikategorikan dalam status Kritis (critically endangered) oleh Lembaga Konservasi Dunia IUCN.

“Melalui kampanye ini, kami berharap masyarakat lebih aware terhadap kelestarian badak Indonesia, terutama badak sumatra,” ujarnya dalam acara diskusi bertajuk “Badak Sumatra dan Kisahnya”, di Pusat Kebudayaan Amerika Serikat @america, Jakarta, Jumat (22/09/2017).

Selain dengan berpartisipasi dalam kegiatan “Berlari untuk Badak”, masyarakat juga bisa mendukung pelestarian badak sumatra dengan berdonasi dalam program penggalangan dana bertajuk .

Donasi yang terkumpul dari penggalangan dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu biaya operasional unit patroli badak atau Rhino Protection Unit (RPU).

Berlari untuk Badak

Hari, Tanggal : Minggu, 24 September 2017

Waktu : 06.00-09.00 WIB

Lokasi : Kawasan Car Free Day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.