Generasi Milenial Indonesia Wisatawan Paling Spontan Kedua di Dunia

By , Jumat, 6 Oktober 2017 | 12:00 WIB

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan liburan? Sebulan, dua bulan, atau hanya dalam hitungan minggu?

Lama waktu persiapan akan menunjukkan apakah Anda termasuk tipe wisatawan yang penuh persiapan ataukah wisatawan yang spontan dan tak terduga.

Platform reservasi akomodasi online agoda.com baru-baru ini melakukan riset untuk mengetahui lama waktu persiapan yang dibutuhkan oleh wisatawan dari berbagai negara untuk berlibur. Mereka menghitung rata-rata lead times—istilah untuk reservasi akomodasi lebih awal sebelum berlibur wisatawan dari 20 negara di dunia, termasuk Indonesia

Hasilnya cukup mengejutkan. Dari riset tersebut  terungkap bahwa generasi milenial Indonesia merupakan tipikal wisatawan yang spontan dan tak terduga. Indonesia menduduki peringkat kedua dengan rata-rata lead times 18 hari sebelum liburan, baik ke destinasi domestik dan internasional. Sementara itu, Arab Saudi memimpin peringkat dengan rata-rata lead times 16,9 hari.

Di kawasan Asia Tenggara, nilai lead times masyarakat Indonesia melakukan reservasi akomodasi agoda hampir mencakup setengah dari lead times masyarakat Singapura yang rata-rata melakukan reservasi 33 hari sebelum berlibur.

Sedangkan peringkat terbawah, atau dengan kata lain negara yang wisatawannya paling penuh persiapan, ialah Hong Kong, dengan rata-rata lead times 49.4 hari. Kemudian diikuti oleh Rusia(46,4 hari) dan Australia (44,3 hari).

Untuk lebih jelasnya, simak infografik berikut.

Infografik lead times dari 20 negara dalam riset Travel & Tech agoda.com. (agoda.com)