Sebelum Berinteraksi dengan Orang Utan di Habitat Asli, Simak Dulu Panduannya

By , Selasa, 10 Oktober 2017 | 19:00 WIB

Saat ini banyak wisata yang menawarkan untuk mengunjungi habitat asli orang utan dan melihat aktivitas langsung orang utan. Tak jarang, ada tempat wisata yang mengizinkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan orang utan.

Di balik wisata mengunjungi orang utan, sebenarnya ada banyak peraturan yang harus dipatuhi pengunjung. Semata untuk menjaga keberlangsungan orang utan dan habitatnya. Jika tata cara mengunjungi orang utan tak ditaati, bisa jadi merubah psikis orang utan yang sejatinya adalah hewan liar. Selain itu, orang utan dan pengunjung juga rentan untuk saling menularkan penyakit.

Dari kunjungan KompasTravel ke Pusat Rehabilitasi dan Penelitian orang utan di Samboja, Kalimantan Timur oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur, dan Yayasan Jejak Pulang, Kamis (5/10/2017,) ini panduan pengunjung untuk mengamati orang utan di habitat aslinya:

Artikel ini sudah pernah tayang sebelumnya di Kompas.com dengan judul Penting! Tata Cara Melihat Orang Utan Langsung di habitatnya.