Berfoto Ria di Dermaga Hong Kong nan Mempesona

By , Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:00 WIB

Di sisi barat Pulau Hong Kong, di perairan Pelabuhan Victoria, terdapat sebuah dermaga yang telah menjadi lebih dari sekedar dermaga. Setiap hari, dari matahari terbit hingga terbenam, para anak muda berkumpul bersama teman-teman mereka, disertai dengan tongkat selfie, bersiap untuk mengambil potret di atas kargo dermaga, tonggak penambat kapal, bahkan di tangga kolam air.

Dermaga yang dikenal secara resmi sebagai Western District Public Cargo Working Area ini memiliki latar belakang industri yang cocok untuk fotografi, terutama bagi mereka yang hobi menggunggah foto di Instagram.

Fotografer Italia, Pierfrancesco Celada, yang tinggal di Hong Kong, suatu hari sedang berjalan di dermaga tersebut dan melihat orang-orang yang bertebaran untuk mengambil foto. Ada yang bergaya dengan melompat, ada pula yang sedang melakukan sesi foto pernikahan.

Sepasang kekasih berpose untuk pemotretan pernikahan mereka di atas derek di "Instagram Pier", Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)

Hari demi hari, semua orang mengambil gambar dengan tema yang sama dengan orang lain. Mereka mencoba untuk melihat pose-pose yang bagus di Instagram, dan mencoba menirunya.

"Orang kembali ke dermaga untuk menciptakan kembali potret yang sebelumnya ia lihat dari foto orang lain," kata Celada. "Pengulangan pose dan situasi yang terus-menerus dilakukan oleh setiap orang tanpa henti,” imbuhnya.

Pemerintah kota Hong Kong terkadang mencoba membatasi akses ke dermaga, dengan alasan masalah keamanan di wilayah yang dirancang untuk operasi kargo industri dan bukan untuk orang-orang yang ingin berolahraga ataupun melakukan kesenangan pribadi. Namun, kreativitas mampu menjinakkan pembatasan tersebut.

Seorang lelaki dan perempuan melompat untuk selfie di "Instagram Pier" Hongkong. (Pierfrancesco Celada)

Setelah Celada membuat serangkaian foto orang-orang di dermaga, ia kemudian menciptakan akun Instagram baru untuk dermaga tersebut dengan @insta_pier, untuk mengurasi foto orang lain dari area tersebut. Ia pun memperbarui unggahan beberapa kali dalam sehari.

Sebuah pemotretan pernikahan di atas tumpukan bambu di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Pasangan pengantin muda berjalan menuju kamera, dengan Pelabuhan Victoria di belakang mereka, di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Seorang pria menyeimbangkan tangannya untuk pemotretan di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Orang-orang meluangkan waktu sejenak untuk bersantai saat pemotretan di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Sepasang kekasih berciuman di depan kamera di sisi industri dermaga di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Sekelompok gadis muda memotret diri mereka sendiri di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Sekelompok anak muda memanjat di atas platform kayu untuk difoto di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)

Simak foto-foto selanjutnya untuk mengetahui keindahan kargo dermaga "Instagram Pier" di Hong Kong pada halaman selanjutnya.

!break!

Seorang cosplayer menari di depan kamera pada "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)

Sebuah selfie kolaboratif di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)

Seorang wanita berpose untuk pemotretan, dengan Victoria Harbour di latar belakang, di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Sebuah pemotretan pernikahan di dermaga, dengan Green Island di latar belakang, di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Sekelompok mahasiswa memotret diri mereka sendiri di antara kontainer di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Sepasang kekasih memotret diri mereka sendiri di tiang lampu pada "Instagram Pier" di Hong Kong. (Pierfrancesco Celada)
Kolase matahari terbenam, yang disusun dalam platform Instagram, melalui lokasi geografis, di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Courtesy Pierfrancesco Celada)
Kolase tangkapan layar selfie yang dikumpulkan dalam platform Instagram melalui lokasi geografis di "Instagram Pier" di Hong Kong. (Courtesy Pierfrancesco Celada)