Mungkinkah Menerangi Kota Dengan Kotoran Sapi?

By , Jumat, 27 Oktober 2017 | 17:00 WIB

Floyd Houin adalah seorang peternak di Plymouth, Indiana, yang pada akhirnya mampu menerangi 1.000 rumah. Apa hubungan antara seorang peternak dengan penerangan rumah?

Houin dan keluarga memiliki sebuah peternakan Homestead Dairy. Seiring dengan semakin banyaknya sapi yang ia miliki, semakin banyak pula kotoran sapi yang dihasilkan. Houin merasa bahwa kotoran sapi ini mengganggu kenyamanan para tetangga karena bau yang dihasilkan. Ia pun melakukan sebuah tindakan yang pada akhirnya malah semakin membuat para tetangga senang.

Baca juga: Bus Berbahan Bakar Kotoran Sapi Pecahkan Rekor Tercepat

Limbah pembuangan dari usaha ternaknya tersebut biasanya dibuang di laguna terbuka. Gas metana dan karbon dioksida (kontributor utama untuk pemanasan global) juga bisa mencemari air tanah jika bocor karena hujan deras.

Houin dan keluarga membangun suatu alat daur ulang limbah, yang digunakan untuk menghasilkan biogas—dengan mengubah kotoran sapi dan limbah ternak lainnya menjadi listrik. Alat itu pada dasarnya adalah mesin generator besar yang menggunakan energi panas untuk mempercepat proses dekomposisi.

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat—The Environmental Protection Agency, memperkirakan lebih dari tiga juta ton emisi gas rumah kaca dihasilkan dari aktivitas di Homestead dan 246 peternakan lainnya di AS yang telah mengaplikasikan sistem pendauran biogas. Dengan energi sebanyak itu, menurut EPA, bisa digunakan untuk mengoperasikan 630.000 mobil.

Baca juga: Anak-anak Tak Perlu Banyak Minum Susu Sapi

Salah seorang karyawan yang bekerja di peternakan Homestead, Ryan Rogers (31), bekerja empat jam sehari untuk mengurus limbah ternak sebanyak 70.000 galon kotoran dan urin yang dihasilkan tiap harinya di peternakan, hasil buangan dari 3.400 ekor sapi yang ada di sana.

Alat daur ulang yang mereka miliki akan membuat kotoran-kotoran tersebut menjadi pupuk yang bermanfaat untuk 4.500 hektar lahan untuk menanam jagung. Dengan terus menjaga sistem daur limbah seperti itu, alih-alih mengeluarkan dana untuk penanganan limbah ternak, peternakan Houin justru menghasilkan uang karenanya.

Di samping itu, berkat pendauran limbah ternaknya, Homestead Diary mampu memberikan pasokan listrik yang cukup untuk menghidupi 1.000 rumah.

Sumber: phys.org