MTB Cross Country Open Race Mampu Promosikan Pariwisata Kabupaten Bangka Tengah

By , Senin, 30 Oktober 2017 | 17:00 WIB
()

Dalam rangka penyelenggaraan Bangka Tengah Sport Tourism 2017, Pemerintah Kabupaten Bangka bekerjasama dengan ISSI Bangka telah menggelar lomba balap sepeda gunung atau MTB dengan tajuk “Mountain Bike Cross Country Open Race Nasional 2017”, pada Minggu (17/9/2017) di Kulong Biru Bike Park.

Bupati Bangka Tengah, Ir. H. Ibnu Saleh, M.M. menjelaskan, lomba balap sepeda bertaraf nasional ini adalah salah satu upaya untuk mempromosikan pariwisata dan olahraga di kabupaten Bangka Tengah. “Diharapkan, melalui kejuaraan ini mampu melahirkan bibit pembalap baru yang berkualitas dan mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional”, ujar Ibnu.

Peserta memulai perlombaan dengan penuh semangat (Dok. Bangka Tengah Sport Tourism 2017)

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kita Harus Bersepeda

Lomba ini terdiri dari beberapa kategori: Junior Open (14-18 tahun), Women, Senior Open Non Athlete (19-29 tahun), Master A Open (30-39 tahun), Master B (> 40 Tahun) dan Men Elite (19-29 tahun). Total hadiah yang diperebutkan adalah sebesar Rp42 juta.

Diikuti Sekitar 100 peserta, acara ini berhasil menyedot atensi banyak orang. Terbukti dari penuhnya jalan utama menuju Kolong Biru, Nibung. Peserta tidak hanya berasal dari Bangka Tengah, namun juga berasal dari Bandung, Magetan, Surabaya, Palembang, Muara Enim, Jakarta, dan Kalimantan.

Tidak hanya Bupati Bateng, Kapolres Bateng, AKBP Frenky Yusandhy dan pejabat eselon II juga tampak hadir bersama ratusan masyarakat yang penasaran dengan kejuaraan ini.

Pada perlombaan kategori pertama, Junior Open Max, keseruan langsung terjadi ketika 2 peserta tumbang karena lintasan yang licin dan jarak yang menguras stamina peserta. Rute yang digunakan adalah mengelilingi Kulong Biru dengan jarak 2,6 km.

Baca juga: Gemar Bersepeda? Rasakan Manfaat Berikut Ini

Pada kategori Junior Open, juara pertama diraih oleh peserta asal Surabaya, juara II asal Pangkalpinang, juara III asal Bateng, dan juara IV kembali diraih oleh peserta asal Surabaya.

Sedangkan untuk kategori Women, juara I hingga III diraih oleh peserta asal Bateng, dan juara IV diraih oleh peserta asl Surabaya. Hadiah diserahkan kepada pemenang oleh Bupati Bangka Tengah, Kapolres Bangka Tengah dan Ketua ISII Bangka tengah.