Foto-Foto Lucu Yang Bisa Anda Lihat Di Bawah Laut

By , Minggu, 19 November 2017 | 10:00 WIB

"Kehidupan diantara dunia bawah laut dan dunia luar adalah sbuah fotografi yang sangat spesial," Jelas fotografer Shane Gross. Berbekal kecintaannya pada konservasi laut sejak kecil, Gross memiliki cita-cita untuk menghabiskan hidupnya di lautan. Seiring berjalannya waktu, jalurnya pada biologi kelautan telah berubah menjadi fotografi. "Saya menemukan fotografi menjadi cara yang lebih baik untuk mendekati binatang yang saya cintai," ungkapnya.

close-up sebuah artichoke coral yang diambil di Cuba's Gardens of the Queen. (shane Gross)
Seorang penyelam berenang di Chac Mool cenote di Meksiko. (shane Gross)
Sekumpulan cumi di Bahama membentuk formasi yang unik. (shane Gross)
Lumba-lumba botol terlihat balapan di bawah permukaan laut di Bahama. (shane Gross)
Cumi-cumi karang remaja di Karibia tertarik pada lampu yang digunakan oleh para ilmuwan dan fotografer selama menyelam di malam hari. (shane Gross)
Hiu biru berenang mendekati lensa kamera. Membran nekap muda yang melindungi matanya terlihat mulai terbentuk. (shane Gross)
Seekor belut cendawan buta mengapung di kedalaman gelap lubang biru Bahama di dekat Pulau Eleuthera di Bahama. (shane Gross)
Udang gua berenang di kolam air asin di dekat Pulau Eleuthera di Bahama. (shane Gross)
Hiu lemon remaja menghabiskan dua sampai tujuh tahun pertama kehidupannya di dekat pohon bakau yang berfungsi sebagai perlindungan. Hiu betina akan kembali ke laguna mangrove yang sama dimana mereka dilahirkan untuk melahirkan, Hal ini membuat setiap sungai bakau menjadi penting. (shane Gross)

Hari ini, Gross hidup dan bekerja di Bahama sebagai instruktur menyelam dan mengejar fotografi sepanjang tahun. Ia masuk sebagai kontestan pada Fotografer Alam Geografis Tahun 2017 untuk memamerkan fotografinya. "Saya tidak berpikir saya sendirian dan merasa terbebani dengan semua masalah yang dihadapi planet kita, tapi saya percaya bahwa dengan meletakkan keterampilan dan gairah saya terhadap konservasi laut dapat membuat beberapa perbedaan kecil dan itulah yang mendorong saya hari ini," katanya.

Hiu lemon menghabiskan masa remaja mereka di dekat pohon bakau yang berfungsi sebagai perlindungan dari pemangsa yang lebih besar. Untuk menangkap ekosistem ini, Gross menciptakan gambar hiu lemon remaja di bawah umur atau split-shot. (shane Gross)

Gross berhati-hati dalam mengambil fotonya. Ia sering bekerja sama dengan ilmuwan di lokasi untuk lebih memahami hewan dan lingkungan yang dipotretnya. Saat mengunjungi cagar laut Kuba di Gurun Marinir, Gross ingin mengambil perspektif hiu baru di wilayah ini. Gross mengamankan kameranya ke batu dan mengarahkannya ke permukaan laut, ia menggunakan remote timer untuk memotret kehidupan laut di daerah tersebut. "Hiu ini tidak terlalu malu, tapi mereka tetap menyimpan penyangga lima kaki dari penyelam, jadi saya ingin melepaskan diri dari persamaan ini. Kupikir ada kemungkinan mereka cukup penasaran untuk berenang ke arah kamera jika seorang penyelam tidak berada di belakangnya. Saya tidak mendapatkan gambaran yang ada dalam pikiran saya, tapi ini sebenarnya sudah lebih baik. "

Baca juga: Lautan Ubur-Ubur yang Terdampar Ditemukan di Tepi Pantai

Untuk menangkap pantulan Buaya Amerika ini, Gross perlahan-lahan mendekati hewan itu selama dua jam di cagar laut Garden of the Queens di Kuba. (shane Gross)

Untuk menangkap bingkai buaya yang dekat-dan-pribadi, perencanaan Gross dimulai jauh menjelang memukul air. "sudah sekitar enam bulan waktu yang saya butuhkan sebelum memasuki air, jadi saat saya melihat buaya bakau yang pertama, saya sangat senang bisa masuk," kenang Gross. Kesabaran adalah kunci untuk menangkap refleksi mencolok di bawah air. "Si buaya benar-benar pemalu. Butuh waktu hampir dua jam untuk bergerak perlahan menuju buaya, sebelum tidak apa-apa dengan kehadiran saya. Saya hanya mengambil beberapa gambar sebelum orang-orang di kapal meneriaki saya bahwa sudah waktunya untuk pergi. Anda tidak pernah bisa mendapatkan waktu sebanyak yang Anda mau saat anda memotret di bawah air. "

Torpedo dengan gigi (Bryan Skerry)

Baca juga: Punya 300 Gigi dan Kepala Mirip Ular, Hiu Purba yang Hidup Sezaman dengan Dinosaurus Muncul di Perairan Portugal

Apa rencana selanjutnya Gross? saat ini dia sedang mengerjakan sebuah cerita tentang Kerapu Nassau, ikan Karibia yang terancam punah yang dia katakan masih sering ditemukan di menu restoran Karibia. Dia akan berangkat bersama tim ilmuwan ke tempat pemijahan  pada bulan November 2017. "Saya mencoba tahun lalu, tapi kami tidak melihat kejadian tersebut, namun, kami mendapati perangkap ilegal penuh dengan ikan kerapu. Semoga saya beruntung. (dan kelompok kerapu) berubah tahun ini. "Gross tetap semangat ingin mengedukasi masyarakat dan membuat foto yang bercerita tentang laut dan kehidupan laut. "Jika Anda tidak yakin apakah ikan yang Anda makan itu berkelanjutan atau jika Anda belum pernah bertanya pada diri sendiri tentang dampak diet Anda, mohon pertimbangkan ini hati nurani Anda. Apa yang Anda beli di supermarket atau restoran bisa saja memiliki dampak yang sangat besar. "