Decak Kagum Pada Tinabo, Surga Kecil di Taka Bonerate

By , Sabtu, 19 November 2016 | 07:30 WIB

Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi tuan rumah workshop Nasional yang diadakan oleh Forum kolaborasi jaringan Cagar Biosfer Indonesia.

Usai workshop para peserta diajak kunjungan lapangan ke Pulau Tinabo, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Minggu (19/11). 

Pulau Tinabo di Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar. Di sini, balai taman nasional mendorong kegiatan ekowisata yang melibatkan masyarakat pulau sekitar untuk menjadi tuan rumah dalam sektor wisata. Andalan utama kegiatan wisata adalah menyelam dan atraksi budaya. (Sanovra Jr/Tribun Timur)

Pulau Tinabo yang merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau eksotik yang dikelilingi oleh pantai berpasir putih, air laut yang selalu jernih sepanjang waktu.

Sebanyak 40 peserta trip disambut oleh para petugas lapangan di Taman Nasional  Taka Bonerate. Setelah mendapatkan penjelasan potensi Pulau Tinabo dari salah satu petugas lapangan Saleh Rahman. Para peserta kemudian diajak berkeliling pulau, bersnorkeling di spot Taman Kima, spot Soft Coral dan berkunjung ke Bungin Tinabo. 

Usai makan siang, para tamu bermain dengan anak ikan hiu sirip hita, yang hidup liar depan guest house dan menanam pohon bersama.

"Pulau Tinabo sangat Indah, atraksi wisatanya amazing karena bisa berinteraksi dengan anak hiu hanya di depan penginapan," ucap Lenni Hasan salah satu peserta sebelum meninggalkan pulau surga hiu ini.

Jembatan di pantai Pulau Tinabo yang terletak di Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (kompas.com/TN Taka Bonerate/Asri)