Bos Mafia yang Buron Selama 20 Tahun, Tertangkap Berkat Google Maps

By Utomo Priyambodo, Rabu, 12 Januari 2022 | 10:00 WIB
Keberadaan bos mafia Italia terlacak berkat Google Maps. Sosok Gioacchino Gamino itu tertangkap kamera Google Maps. (Google Maps)

Nationalgeographic.co.id—Google Maps jelas merupakan sumber informasi yang bagus bagi Anda yang ingin menemukan tempat yang harus Anda kunjungi atau rute jalan yang perlu Anda lalui. Selain itu, ternyata Google Maps juga merupakan sumber informasi yang sangat berguna untuk mencari bos mafia yang telah buron selama beberapa dekade.

Gioacchino Gamino, 61 tahun, seorang pembunuh terpidana dan gangster Italia yang terkenal, telah melarikan diri dari penjara di Roma pada tahun 2002. Dari sana ia menuju ke Spanyol, tempat ia mengubah identitasnya dan memulai hidup baru sebagai "Manuel".

Di Spanyol ia bekerja sebagai koki di restoran Cocina de Manu di Galapagar, tempat dia menyajikan beberapa hidangan Sisilia.

Mantan anggota mafia Sisilia Stidda itu telah menghindari penangkapan selama hampir 20 tahun dengan identitas barunya. Namun akhirnya dia terkejut ketika polisi berhasil menemukannya.

"Bagaimana Anda menemukanku?" katanya saat ditangkap. "Aku bahkan belum menelepon keluargaku selama 10 tahun."

Kepolisian Sisilia telah menduga bahwa Gamino berada di Spanyol. Namun selama 20 tahun mereka kesulitan untuk menemukannya.

Dikutip dari IFL Science, penampakan di Google Maps berupa sosok seorang pria yang cocok dengan deskripsi Gamino telah membantu kepolisian Sisilia menemukan bos mafia itu pada akhir tahun lalu. Mereka menemukan foto Gamino yang diposting ke halaman Facebook Cocina de Manu, lalu mengkonfirmasi keberadaannya baru-baru ini.

"Kami tidak menghabiskan hari-hari kami mengarungi Google Maps untuk menemukan buronan," ujar jaksa Palermo Francesco Lo Voi tentang penangkapan tersebut, seperti dilansir The Guardian.

"Ada banyak penyelidikan sebelumnya dan panjang, yang membawa kami ke Spanyol. Kami berada di jalur yang bagus, dan Google Maps membantu mengonfirmasi penyelidikan kami.”

Gamino sedang menjalani hukuman seumur hidup ketika dia melarikan diri dari penjara pada tahun 2002, ketika sebuah film sedang dibuat di tempat itu. Dia dicari karena pembunuhan dan terkait dengan sejumlah kejahatan lain yang terkait dengan kegiatan mafia Stidda.

Bos mafia itu kini berada dalam tahanan polisi di Spanyol. Pihak kepolisian polisi Spanyol dan Italia akan berusaha memindahkannya kembali ke Italia pada akhir Februari nanti.

Baca Juga: Karakter, Kisah, dan Adegan Nyata Di Balik Film The God Father