Penemuan Terbaru Mengungkapkan Bahwa Ikan Adalah Pengemudi yang Handal

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 13 Januari 2022 | 15:00 WIB
Dalam percobaan baru, beberapa ikan mas belajar mengemudikan tangki air bermotor. ()

Nationalgeographic.co.id—Ini mungkin tampak seperti ikan membutuhkan mobil untuk bepergian, sama  seperti ikan membutuhkan sepeda. Tetapi percobaan baru menunjukkan bahwa ikan sebenarnya merupakan pengemudi yang cukup baik.

Dalam percobaan tersebut, beberapa ikan mas belajar mengemudikan apa yang pada dasarnya kebalikan dari kapal selam—tangki air di atas roda—ke tujuan di sebuah ruangan. Bahwa ikan-ikan ini dapat bermanuver di darat menunjukkan bahwa pemahaman ikan tentang ruang dan navigasi tidak terbatas pada lingkungan alami mereka—dan mungkin memiliki kesamaan dengan indra arah internal hewan-hewan lubber, seperti yang dilaporkan oleh para peneliti dalam Behavioral Brain Research 15 Februari lalu .

Para peneliti di Universitas Ben-Gurion Negev di Beer-Sheva, Israel mengajari enam ikan mas untuk mengemudikan tangki air bermotor. Mobil ikan dilengkapi dengan kamera yang terus melacak posisi dan orientasi pengemudi ikan di dalam tangki. Setiap kali ikan berenang di dekat salah satu dinding tangki, menghadap ke luar, kendaraan akan berjalan ke arah tersebut.

Ikan diajari tentang cara mengemudi selama sekitar puluhan sesi yang berlangsung selama 30 menit. Para peneliti melatih setiap ikan untuk berkendara dari tengah ruangan kecil menuju papan merah muda di salah satu dinding dengan memberi ikan hadiah setiap kali mencapai dinding. Selama sesi pertama mereka, rata-rata sekitar 2,5 perjalanan ikan  yang berhasil sampai ke target. Selama sesi terakhir mereka, rata-rata sekitar 17,5 perjalanan ikan  yang berhasil. Pada akhir driver ed, hewan-hewan juga mengambil rute yang lebih cepat dan lebih langsung ke tujuan mereka.

Beberapa ikan—semuanya dinamai sesuai Pride and Prejudice karakter—lebih cepat belajar daripada yang lain. "Mr. Darcy adalah yang terbaik,” kata rekan penulis studi dan ahli saraf Ronen Segev.

Dalam percobaan lebih lanjut, ikan mas masih bisa mencapai papan merah muda ketika mulai dari posisi acak di sekitar ruangan, bukan dari tengah ruangan. Temuan ini menegaskan bahwa ikan tidak hanya menghafal koreografi gerakan untuk mencapai hadiah mereka, tetapi juga merencanakan rute menuju hadiah mereka setiap saat. Ketika para peneliti mencoba mengelabui ikan mas dengan menempatkan papan umpan warna berbeda di dinding lain atau memindahkan papan merah muda ke sisi lain ruangan, ikan tidak tertipu, dan tetap mengarahkan roda tepat ke papan merah muda.

"Itu cukup meyakinkan bahwa ikan benar-benar menavigasi," kata rekan penulis studi Ohad Ben-Shahar, seorang ilmuwan komputer dan peneliti ilmu saraf. Baru-baru ini, tim membiarkan ikan mas melakukan joyride di seluruh bangunan, kata Ben-Shahar, “dan mereka benar-benar mulai menjelajah. Ia menuruni salah satu koridor dan mulai menyelinap pergi.”

Ahli saraf perilaku Kelly Lambert berkata bahwa dia "tidak sepenuhnya terkejut, tetapi masih tertarik" dengan kemampuan mengemudi Mr. Darcy dan teman-teman ikannya. Dalam penelitiannya sendiri di University of Richmond di Virginia, Lambert telah mengajari tikus mengendarai mobil mainan. Tetapi mengajari ikan mas untuk menavigasi medan asing seperti itu membawa eksperimen mengemudi hewan ke tingkat berikutnya, kata Lambert. “Saya suka ide ikan di luar air.”

Ketika datang untuk menguji batas navigasi hewan, "penting untuk mendiversifikasi dan memperluas tugas dan spesies kita," kata Lambert. “Saya pikir kita membutuhkan perlombaan internasional antara tikus dan ikan mas.”

Baca Juga: Seperti Pengemudi Ojek, Hari Ini Pemulung Sampah Punya Aplikasi