Bolehkah Mandi Saat Sedang Sakit?

By , Kamis, 14 Desember 2017 | 13:00 WIB

Demam sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala umum dari berbagai penyakit yang mendasarinya. Demam ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, badan menggigil, sakit kepala, lemas, serta nyeri otot ataupun sendi.

Demam adalah hasil dari proses peradangan dalam tubuh, saat sistem imun sedang melawan infeksi. Proses peradangan ini kemudian melepaskan senyawa kimia khusus untuk dibawa menuju hipotalamus lewat aliran darah. Hipotalamus adalah sebuah struktur di otak yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh.

Di hipotalamus, senyawa kimia tersebut akan membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi (panas). Karena adanya senyawa ini, tubuh pun keliru menganggap bahwa suhu tubuh yang normal justru yang panas. Nah, hal inilah yang menjadi penyebab Anda terserang demam.

(Baca juga: Demam Juga Bermanfaat untuk Tubuh)

Pada bayi dan anak-anak, demam biasanya muncul saat suhu tubuh lebih dari 37 derajat Celsius. Sementara pada orang dewasa demam biasanya muncul ketika suhu tubuh mencapai 38 sampai 39 derajat Celsius.

Aturan aman mandi saat sakit demam             

Orang yang sakit demam diperbolehkan mandi. Pasalnya, mandi tidak berkaitan dengan proses demam itu sendiri. Bahkan jika memungkinkan, Anda tetap disarankan mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuh. Tidak hanya itu, pada dasarnya mandi saat sakit tetap dianjurkan karena bisa menghindari Anda terkena infeksi lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah suhu airnya. Mungkin Anda menganggap bahwa air dingin bisa memberikan rasa nyaman pada tubuh yang sedang “kepanasan”. Akan tetapi, dokter dan tenaga kesehatan di seluruh dunia tidak menyarankan Anda untuk mandi air dingin saat sedang sakit atau barang tidak fit. Ini justru bisa memperburuk kondisi Anda.

Tubuh yang panas karena demam adalah naluri alami yang diperlukan oleh tubuh dalam mempertahankan diri. Jika Anda mandi air dingin, tubuh justru akan menganggapnya sebagai ancaman terhadap proses melawan infeksi. Akibatnya, tubuh akan semakin meningkatkan suhunya dan demam pun jadi semakin parah. Pasalnya, air dingin bekerja menutup pori-pori sehingga menghambat berpindahnya suhu tubuh.

(Baca juga: Anak Demam Disertai Kejang? Waspada Epilepsi)

Selain itu, mandi air dingin juga berisiko menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba. Hal ini akan memicu badan jadi menggigil. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari mandi air dingin saat sedang sakit.

Oleh karena itu, dalam kondisi tubuh yang sedang panas Anda disarankan untuk memakai air hangat  (suam-suam kuku) untuk menyamakan dengan suhu tubuh.

Tips merawat diri selama sedang demam

Jika setelah mandi Anda masih merasa tidak nyaman atau merasa suhu tubuh semakin meningkat, Anda bisa minum obat pereda nyeri (acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin) untuk meredakan gejalanya. Ikuti petunjuk dokter atau baca label kemasan untuk tahu dosis yang tepat. Tidak hanya itu, Anda juga harus berhati-hati agar tidak menggunakan lebih dari satu obat yang mengandung acetaminophen, seperti obat batuk dan pilek.

Segera hubungi dokter jika kondisi Anda tidak kunjung membaik selama lebih dari 3 hari dan suhu tubuh Anda mencapai 39 derajat celsius atau lebih.

Artikel ini pernah tayang di hellosehat.com dengan judul Apakah Boleh Mandi Saat Sedang Demam?