Awal Tahun, Ribuan Titik di Jabodetabek Alami Gangguan Mati Listrik

By , Selasa, 2 Januari 2018 | 10:24 WIB

Sejumlah daerah di Jabodetabek mengalami gangguan mati listrik yang diestimasi akan terjadi hingga beberapa jam. Daerah tersebut seperti, Tanjung Duren, Pamulang, Cimanggis, Serpong, dan Bintaro. 

Tidak hanya tiga daerah tersebut, dilihat dari situs pelita.plnjaya.co.id sekitar pukul 07.30 WIB terdapat 1.975 wilayah yang terjadi gangguan mati listrik. Kemudian hingga sekitar pukul 08.00 WIB ada 3.693 wilayah terdampak dengan estimasi lama pemadaman hingga 3 jam. 

Banyak masyarakat yang menanyakan gangguan mati listrik. Salah satunya bertanya lewat media sosial twitter resmi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) ( PLN) @pln_123. 

Salah satu warga bernama Niniz dengan akun twitter Ruth Novalinda @ruthnovalinda menanyakan ke twitter resmi PLN tentang gangguan mati listrik di daerah Bintaro.

"@pln_123 min tolong dinyalain atuh listriknya di Discovery Conserva, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan, 15224. Tolong ya min," tulis Ruth dalam twitternya.

Akun twitter resmi PLN langsung merespon pertanyaan masyarakat. Dalam tweet-nya, PLN memberitahukan bahwa di daerah tersebut mengalami gangguan listrik karena adanya gangguan sistem jaringan kelistrikan. 

PLN juga memberitahukan gangguan sistem jaringan kelistrikan juga terjadi di seluruh daerah tersebut. Tetapi PLN tidak menyebutkan apa penyebab gangguan tersebut. 

"Mohon maaf, di wilayah tersebut padam akibat gangguan sistem kelistrikan dan dalam penanganan," tulis PLN dalam akun twitternya. 

Dari keterangan Dispa WPO Metro PLN, melalui Kompas.com, disebutkan bahwa gangguan terjadi pukul 07.18 WIB akibat black out di Gardu Induk Muara Karang dan SS Gandul. Namun belum ada penjelasan dari PLN terkait ganggaun apa yang membuat black out pada pagi ini.