Manfaat Ikan untuk Kecerdasan Anak

By , Selasa, 2 Januari 2018 | 19:00 WIB

Berdasarkan studi terbaru, diketahui bahwa anak-anak yang makan ikan, setidaknya sekali dalam seminggu, mampu tidur lebih nyenyak dan memiliki IQ yang lebih tinggi.

Para peneliti membuktikan bahwa omega 3 -- asam lemak yang ada pada ikan -- dapat memperbaiki inteligensi anak.

Studi ini merupakan yang pertama kali menunjukkan hubungan antara konsumsi ikan dengan peningkatan intelegensi anak. Para peneliti menyarankan agar orangtua mulai mengenalkan ikan kepada anak mulai dari usia 10 bulan. Ini bermanfaat untuk perkembangan kognisi anak sepanjang hidupnya.

(Baca juga: Lima Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan)

Para peneliti dari University of Pennsylvania melakukan studi kepada lebih dari 500 anak di Tiongkok berusia 9 hingga 11 tahun untuk mengetahui lebih jauh tentang pengaruh ikan pada intelegensi dan pola tidur.

Mereka diminta untuk mengisi kuesioner terkait pola makan dan seberapa sering mengonsumsi ikan. Anak-anak tersebut juga melakukan tes IQ. Lalu, para peneliti membandingkan hasilnya dengan kuesioner yang diisi sebelumnya.

IQ dan tidur nyenyak

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Nature menunjukkan bahwa anak-anak yang sering mengonsumsi ikan, IQnya lebih tinggi 4,8 poin.

Sementara, mereka yang kadang-kadang makan ikan, poinnya 3,31 lebih tinggi dibanding anak-anak yang jarang atau tidak pernah sama sekali mengonsumsi makanan laut tersebut.

Orangtua dari partisipan studi juga diminta mengisi kuesioner terkait kualitas tidur anak mereka. Waktu, frekuensi dan faktor kelelahan disertakan dalam kuesioner.

Peningkatan konsumsi ikan berkaitan dengan rendahnya gangguan tidur pada anak. Ini menunjukkan bahwa omega 3 juga bermanfaat untuk membantu anak tidur lebih nyenyak.

(Baca juga: Jangan Remehkan, Sarapan Bisa Pengaruhi Kecerdasan Otak)

“Kurang tidur sering dikaitkan dengan perilaku antisosial. Kami menemukan fakta bahwa omega 3 bisa mengurangi perilaku antisosial. Jadi, tidak heran jika ikan juga bisa membuat anak tidur lebih nyenyak,” papar Profesor Adrian Raine, pemimpin penelitian ini.

Manfaat-manfaat ikan

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa omega 3 pada ikan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Di antaranya, menurunkan tekanan darah, menghambat perkembangan plak di pembuluh darah, mengurangi risiko serangan jantung dan memperbaiki pola tidur.

Studi lain juga mengaitkan ikan dengan perbaikan fungsi kognitif.

Selanjutnya, para peneliti berencana untuk melakukan studi mengenai berbagai jenis konsumsi ikan untuk mengetahui mana yang memiliki manfaat kesehatan terbaik.