Pertama Kali di Dunia, Drone Selamatkan Perenang yang Nyaris Tenggelam di Laut

By , Minggu, 21 Januari 2018 | 14:00 WIB

Penjaga pantai di Australia berhasil melakukan penyelamatan lautan yang berani minggu ini—tanpa perlu masuk ke air.

Dua remaja laki-laki terjebak dalam gulungan ombak di dekat Lennox Head, sebuah kota pesisir di utara New South Wales. Gelombang pasang telah menarik mereka menjauh dari pantai. Mereka berjuang dengan ombak setinggi hampir tiga meter, yang tidak mudah dimanuver dengan kapal.

Seseorang di pantai melihat mereka berjuang dan memperingatkan penjaga pantai.

Pada saat itu, penjaga pantai berada di tengah pelatihan mereka untuk menggunakan pesawat tak berawak Westpac Little Ripper Lifesaver. Supervisor Jai Sheridan memanfaatkan kesempatan itu untuk menggunakan pesawat tak berawak tersebut dan mengarahkannya ke remaja yang sedang berjuang.

Begitu pesawat tak berawak sekitar 0,8 km di atas mereka, kapal itu menjatuhkan perahu karet ke air. Perenang yang sedang berjuang meraihnya dan berenang ke pantai, mereka selamat tapi sangat kelelahan.

Penyelamatan memakan waktu satu sampai dua menit, jauh lebih cepat daripada penyelamatan tradisional, kata Sheridan kepada Sydney Morning Herald. Ketika penjaga pantai berenang ke air untuk menyelamatkan orang, biasanya dibutuhkan beberapa menit lebih lama.

Pemerintah daerah mengklaim, penyelamatan dengan metode semacam ini baru pertama kali di dunia.