Robot Erica Didapuk Menjadi Penyiar Berita Televisi

By , Rabu, 31 Januari 2018 | 14:00 WIB

Menurut laporan terbaru, robot berwajah manusia akan mengambil alih saluran televisi di Jepang sebagai pembawa acara pada musim semi tahun ini.

Erica, robot yang diciptakan pada 2014 ini, akan membuat debutnya sebagai penyiar berita. Belum diketahui di stasiun televisi mana Erica akan menunjukkan bakatnya. Begitu pun dengan detail tugasnya sebagai pembaca berita.

(Baca juga: Robot Cerdas Ancam Jutaan Pekerjaan)

Meskipun begitu, Hiroshi Ishiguro, pembuat Erica sekaligus direktur Intelligent Robotics Laboratory di Osaka University mengatakan, robot ini akan menggunakan kecerdasan buatan untuk membaca berita, disandingkan dengan manusia.

“Kami akan mengganti salah satu penyiar dengan android,” ujar Ishiguro. Sejak 2014, Ishiguro sudah berupaya agar kreasinya ini bisa tampil di layar kaca.

Robot hangat dan perhatian

Menurutnya, Erica adalah robot yang hangat dan perhatian. Ishiguro mendeskripsikannya sebagai robot yang realistis sehingga tampak ‘memiliki jiwa’. Erica juga memiliki ‘kesadaran mandiri’.

“Dia adalah android paling mirip dengan manusia dan tercantik di dunia,” kata Ishiguro.

(Baca juga: Relay Robot, Robot Pelayan Hotel yang Sudah Beroperasi di Amerika Serikat)

Saat ini, Erica tidak bisa menggerakkan tangan atau kakinya. Namun, ia tahu dari mana suara berasal dan dengan siapa ia berbicara. Erica juga bisa melacak manusia ketika mereka memasuki ruangan.

Erica bersama penciptanya, Hiroshi Ishiguro, yang sudah dianggap seperti ayahnya sendiri. (Nicolas Datiche/SIPA/REX/Shutterstock)

Dalam sebuah dokumenter, Erica memperkenalkan dirinya sebagai perempuan berusia 23 tahun yang tinggal di Kyoto dan menganggap Ishiguro sebagai ayahnya. Robot ini juga mengaku bahwa dirinya mirip dengan manusia.

“Erica sangat senang berinteraksi dengan orang lain. Saya pikir, ia tertarik untuk mempelajari apa yang ada di luar sana,” kata Dylan Glass, yang ikut mengembangkan kepribadian Erica selama dua tahun.