Google Flights Bisa Memprediksi Apakah Penerbangan Akan Mengalami ‘Delay’ atau Tidak

By , Jumat, 2 Februari 2018 | 17:00 WIB

Saat ini, Google bisa menggunakan mesin untuk memprediksi apakah penerbangan Anda akan tertunda atau dibatalkan. Tidak tanggung-tanggung, keakuratannya sangat tinggi.

Perkembangan terbaru dari Google Flights bisa memperingati Anda lebih awal tentang penundaan waktu penerbangan. Bahkan, sebelum maskapai memberitahu Anda. Ia juga bisa mengecek histori penerbangan untuk melihat apakah perjalanan kita terancam dibatalkan.

(Baca juga: Efek Buruk Penerbangan Panjang untuk Kesehatan)

“Sepanjang tahun banyak terjadi penundaan penerbangan dan itu membuat para wisatawan stres. Namun, jangan khawatir, Google Flights sekarang bisa memprediksi delay tersebut,” kata Anket Mathur, Flights Product Manager di Google.

Pada dasarnya, Google menyisir banyak catatan penerbangan untuk menemukan pola atau tema umum yang menyebabkan penundaan. Mereka akan menggunakan informasi berdasarkan lokasi, prakiraan cuaca, dan jadwal keterlambatan pesawat di bandara sehingga bisa memprediksi penundaan dengan akurat. Bahkan, bisa mengetahui berapa lama dan alasan mengapa penerbangan Anda mengalami delay.

“Agar tidak menyesatkan, Google hanya akan memperingatkan Anda apabila algoritmanya sudah yakin 80% akan terjadi penundaan,” tambahnya.

Google mengatakan, algoritma mereka sangat maju sehingga bisa memprediksi penundaan sebelum informasi dari maskapai tersedia.

(Baca juga: 10 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Turbulensi Pesawat)

“Kami tetap merekomendasikan Anda untuk datang ke bandara lebih awal. Namun, kami berharap adanya informasi ini bisa membantu mengelola ekspektasi dan mencegah kejutan yang tidak diinginkan,” papar Mathur.            

Untuk mengakses Google Flights, Anda hanya tinggal mencari penerbangan Anda – melalui nama maskapai atau rute – di Google. Selanjutnya, detail penerbangan akan muncul di sana.

Jika tidak muncul, Anda bisa mengklik pilihan “Flights” di bagian atas laman pencarian Google, yang sejajar dengan layanan lain seperti “News” dan “Images”.