Kerangka Bayi Berusia 6000 Tahun Ditemukan Terbuai di Lengan Ibunya

By , Jumat, 16 Februari 2018 | 10:00 WIB

Para arkeolog di Belanda menemukan sisa-sisa tubuh bayi berusia 6000 tahun yang tertidur di lengan perempuan yang diduga sebagai ibunya.

Bayi tersebut ditemukan saat penggalian di Nieuwegein, Utrecht, Belanda, oleh para arkeolog dari BAAC dan RAAP. Ia diduga baru lahir atau berusia enam bulan saat meninggal. Nieuwegein memang dikenal sebagai situs kuburan bayi tertua yang pernah ditemukan di Belanda.

Dikubur di tanah liat dengan kedalaman 6,5 kaki, penemuan ini membuat para arkeolog tertegun.

(Baca juga: Kerangka Wanita Abad ke-14 Ditemukan dalam Posisi Melahirkan Dalam Kubur)

Mereka kaget ketika menemukan bayi di samping kerangka wanita muda yang diperkirakan berusia 20 hingga 30 tahun saat meninggal.

Posisi penguburan perempuan itu tidak sesuai dengan budaya Swifterbant di wilayah tersebut.

“Diketahui lengan kiri perempuan tersebut ada di sisi tubuhnya. Namun, lengan kanannya bengkok seperti sedang memeluk bayi,” papar pemerintah kota Nieuwegein dalam sebuah pernyataan tertulis.

(Baca juga: Kebingungan Arkeolog atas Kematian Perempuan Neolitik)

Potongan tulang bayi ditemukan di lengan kanan perempuan tersebut. Termasuk tengkorak, rahang, gigi, tulang selangka dan tungkai.

“Ini penemuan fantastis. Meskipun begitu, kami belum bisa memastikan umur bayi ketika meninggal,” ujar Kirsten Leijnse, arkeolog BAAC.

Saat ini, analisis DNA sedang dilakukan untuk memastikan apakah perempuan itu benar-benar ibu dari bayi yang ditemukan. Juga untuk mengetahui jenis kelamin bayi.