Untuk Pertama Kalinya, Bayi Gurita Dumbo yang Baru Menetas Terekam Kamera

By , Selasa, 20 Februari 2018 | 15:00 WIB

Awalnya, para ilmuwan tidak mengetahui jenis gurita ini ketika mereka mengambil telurnya dari laut. Namun, saat mulai menetas, terlihat telinganya yang seperti gajah.

Cephalopoda yang menggemaskan ini dikenal dengan sebutan gurita dumbo (genus Grimpoteuthis). Namanya diambil dari tokoh gajah terbang di film produksi Disney, Dumbo. Alasannya karena gurita ini mudah dikenali dari sirip lebar miliknya yang berada di samping kepala – persis seperti telinga gajah.

Sirip tersebut digunakan gurita dumbo untuk berenang di laut dalam.

(Baca juga: Spesies Baru Gurita Mirip Hantu Casper Ditemukan)

Pada sebuah video yang dipublikasikan para ilmuwan dari National Oceanic and Atmospehric Administration (NOAA), terlihat gurita dumbo yang baru lahir, berenang untuk pertama kalinya dalam sebuah cawan berisi air.

Mantel tipisnya – cangkang bulat di atas tentakel di mana organ internal gurita dumbo berada – berukuran 0,5 inci atau 13 milimeter. Pindai MRI dan rekonstruksi 3D dari bayi gurita dumbo ini menunjukkan bahwa ia lahir dengan semua yang dibutuhkan untuk berenang dengan sirip, merasakan sekelilingnya dan menangkap mangsa.  

Bayi tersebut bahkan memiliki kantong kuning besar yang mengandung nutrisi. Cukup untuk menjaganya tetap hidup selama beberapa hari setelah menetas – ketika ia belum bisa mendapatkan makanannya sendiri.

(Baca juga: Gurita Ganti Warna dalam Rangka Memulai Perkelahian)

“Eksplorasi visual dan rekonstruksi 3D anatomi makhluk bawah laut ini sangat menakjubkan. Saya terkesan dengan kompleksitas sistem saraf pusat, ukuran sirip, dan cangkangnya,” kata Alexander Ziegler, peneliti di Rheinische Friedrich-Wilhelms-Universität Bonn.

Para ilmuwan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh untuk mengumpulkan telur-telur di terumbu karang Atlantik -- sekitar 1,2 mil (2000 meter) di bawah permukaan laut.

Menurut Aquarium of The Pacific, gurita dumbo biasanya tinggal di dasar samudra dengan kedalaman 3000 hingga 4000 meter. Bahkan, ada juga yang tinggal di kedalaman 7000 meter.