Setelah 76 Tahun, Seorang Miliader Temukan Kapal Induk Pada Masa PD II

By , Kamis, 8 Maret 2018 | 13:00 WIB

Bangkai kapal dari USS Lexington, sebuah kapal induk tenggelam dalam pertempuran dengan pasukan Jepang dalam Perang Dunia II, telah ditemukan setelah 76 tahun di lantai Laut Coral di lepas pantai timur Australia.

Penelitian Kapal Petrel ini dijalankan dan dibiayai oleh co-founder Microsoft, Paul Allen untuk menemukan kapal bersejarah pada Perang Dunia II. kapal Lexington ini ditemukan berada pada kedalaman 3 km dari permukaan air atau sekitar 500 mil laut (926 kilometer) jaraknya dari Australia.

Kapal tersebut ikut serta dalam Pertempuran Laut Coral pada bulan Mei 1942 bersama dengan USS Yorktown melawan tiga kapal induk Jepang, kapal induk carrier merupakan carrier pertama dalam sejarah.

Baca juga: Manusia Purba Neanderthal, Seniman Pertama Eropa

Lexington kemudian terkena beberapa torpedo dan bom pada 8 Mei dan menjadi korban kapal induk pertama dalam sejarah.

Bersama kapal-kapal AS lainnya yang berdiri di atas, 2.770 awak berhasil diselamatkan, termasuk kapten dan anjingnya Wags, yang merupakan maskot kapal tersebut.

Satu bulan kemudian, Angkatan Laut AS mengejutkan pasukan Jepang pada Pertempuran Midway dan mengubah gelombang perang di Pasifik.

"Untuk memberikan penghormatan kepada USS Lexington dan orang-orang pemberani yang melayani dia adalah sebuah kehormatan," kata Paul Allen.

"Sebagai orang Amerika, kita semua berhutang budi kepada semua orang yang melayani dan yang terus melayani negara kita atas keberanian, ketekunan dan pengorbanan mereka", tambahnya.

Baca juga: Fosil Purba Berumur 127 Juta Tahun Ungkap Evolusi Burung

Robert Kraft, direktur operasi bawah laut untuk Allen, mengatakan bahwa menemukan Lexington adalah prioritas karena dia adalah salah satu kapal modal yang hilang selama Perang Dunia II.

"Berdasarkan geografi, waktu tahun dan faktor lainnya, saya bekerja dengan Paul Allen untuk menentukan misi apa yang harus dikejar," ujarnya.

"Kami sudah merencanakan untuk mencari Lexington selama sekitar enam bulan dan semuanya berjalan dengan baik."

Ekspedisi yang dipimpin Allen juga menghasilkan penemuan USS Indianapolis, USS Ward, USS Astoria, kapal perang Jepang Musashi dan kapal perusak PDII Italia Artigliere.