Flamingo Misterius dan Penyendiri Muncul di Kota Besar

By , Senin, 12 Maret 2018 | 16:00 WIB

Seekor flamingo merah muda ditemukan di bawah bayang-bayang pusat kota San Diego.

Hingga saat ini, ia masih tinggal di San Diego Bay National Wildlife Refuge, yang merupakan rumah bagi hewan-hewan liar yang masih tersisa.

Andy Yuen, pemimpin rumah perlindungan tersebut mengatakan, flamingo yang ditemukan itu bukanlah burung pengembara yang sedang bermigrasi.

(Baca juga: Video Orangutan Merokok di Kebun Binatang Bandung Picu Kemarahan Dunia)

“Menurut kami, flamingo itu tawanan. Ia memiliki perban di kaki dan sayapnya pernah patah sebelumnya, meskipun sekarang bisa terbang lagi,” paparnya.

Misterius

Flamingo tersebut bisa dipastikan sebagai burung lokal. Namun, ia tidak datang dari Kebun Binatang San Diego atau SeaWorld.

“Kami mengawasi setiap flamingo. Kami pasti tahu jika ada yang hilang,” kata Chuck Border, penjaga kandang burung di kebun binatang.

Menurut Border, sebagian besar kebun binatang memotong ujung sayap flamingo agar mereka tidak bisa terbang. “Ketika saya mengecek flamingo misterius itu, saya tahu dia bukan dari kebun binatang,” tambahnya.  

(Baca juga: Koloni Super Penguin Adelie Ditemukan di Antartika)

Tidak ada yang mengetahui berapa lama burung tropis tersebut akan tinggal di San Diego Bay National Wildlife Refuge. Yang pasti, saat ini, Yuen dan stafnya senang merawat flamingo tersebut.

“Terlepas apakah burung itu terbang dari Meksiko atau melarikan diri dari sebuah lokasi di San Diego, kami akan tetap memberikannya banyak cinta,” katanya.

Sejauh ini, flamingo penyendiri itu bisa bergaul dengan tetangganya, Selama hal positif itu berlanjut, petugas di tempat perlindungan akan membiarkannya di sana. “Kami belum pernah melihat adanya konflik atau kompetisi antara flamingo dengan burung lainnya,” pungkas Yuen.