Ilmuwan Temukan Teknik untuk Memisahkan Dua Cairan Menggunakan Laser

By , Selasa, 13 Maret 2018 | 09:00 WIB

Para ilmuwan telah menemukan terobosan baru untuk memisahkan dua cairan yang tercampur menggunakan laser.

Menurut para ilmuwan, tekniknya seperti mengambil susu dari teh Anda setelah dicampur. Memang cukup sulit, tapi, mereka mengatakan, penemuan ini bisa diaplikasikan lebih luas.

Tidak hanya cairan, teknik tersebut juga bisa memudahkan pembuatan komputer, telepon genggam, obat-obatan, cat, bola lampu dan sel surya. Dengan begitu, harga jualnya pun bisa lebih murah.

Semua produk tersebut bergantung pada kristal yang digunakan dalam teknologi. Sayangnya, sangat sulit untuk mengendalikan proses kristalisasi.

(Baca juga: Mineral Langka Ini Berhasil Ditemukan Pada Berlian Jauh di Bawah Permukaan Bumi)

Namun, penemuan terbaru ini menggunakan laser ini memanfaatkan fluktuasi dalam titik kritis. Mendorong sistem menuju fase pemisahan.

Profesor Klaas Wynne, yang merancang dan mengembangkan teknik itu, mengatakan: “Ini mirip seperti membuat teh dan mengaduknya dengan susu. Kemudian Anda menggunakan laser untuk menyedot kembali susunya. Ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi semuanya ada dalam hukum fisika.”

“Studi ini adalah langkah pertama menuju pemahanan penuh tentang peran fluktuasi dalam nukleasi kristal. Tujuan kami adalah ingin mendapatkan kontrol penuh atas nukleasi, termasuk jenis kristal yang dihasilkan,” tambah Finlay Walton, peneliti studi tersebut.

Penelitian yang berjudul Control Over Phase Separation And Nucleation Using A Laser-Tweezing Potensial, dipublikasikan pada jurnal Nature Chemistry.