Begini Perilaku Seorang Psikopat Ketika Akan Melancarkan Aksinya

By , Kamis, 15 Maret 2018 | 10:00 WIB

"Psikopat bisa sangat manipulatif, yang membutuhkan pemahaman tentang pemikiran orang lain," ujar Arielle Baskin-Sommers, seorang profesor psikologi di Yale University dan penulis senior studi tersebut. "Tapi jika mereka mengerti pemikiran orang lain, mengapa mereka menimbulkan banyak kerugian?"

Di penjara dengan keamanan maksimal di Connecticut, Baskin-Sommers dan rekan-rekannya Lindsey Drayton dan Laurie Santos mempelajari 106 narapidana pria. Kuesioner kesehatan mental standar mengungkapkan bahwa 22 di antaranya adalah psikopat, 28 bukan psikopat, dan sisanya dapat dikategorikan di suatu tempat di tengahnya.

Teori Pikiran (ToM) mengacu pada kemampuan kita untuk memahami maksud, keinginan, dan kepercayaan orang lain di dunia sosial. Kualitas tersebut berkembang pada anak-anak ketika mereka mencapai usia 4 tahun.

Baca juga: Ciri Psikopat Berbeda di Setiap Budaya?

Mengacu pada bagaimana penelitian terdahulu mengenai kecenderungan psikopat bergantung pada tugas-tugas ToM yang terkontrol (bila seseorang dengan sengaja mempertimbangkan perspektif orang lain), penelitian ini memilih untuk melihat pemrosesan ToM otomatis (kapan seseorang secara tidak sengaja mewakili perspektif orang lain) sebagai gantinya.

Peserta diberi tes berbasis komputer sederhana dimana mereka harus menghitung jumlah titik di ruangan. Namun, ada juga avatar yang berdiri di ruangan yang mungkin atau mungkin tidak dapat melihat semua titik, tergantung pada arah yang dia hadapi. Peserta ditugaskan untuk memverifikasi berapa banyak titik yang bisa mereka atau avatar bisa lihat.

Biasanya, orang lebih lambat saat menjawab berapa banyak titik yang bisa dilihat avatar jika ada titik di belakang avatar. Ini mengacu pada "gangguan egosentris" karena perspektif kita mengganggu perspektif avatar.

Baca juga: Foto Perburuan Legal Terhadap Paus Pilot di Denmark ini Dinilai Sebagai Aksi Psikopat

Tetapi orang juga lebih lambat dalam mengidentifikasi berapa banyak titik yang dapat mereka lihat jika jumlahnya berbeda dari jumlah avatar yang bisa dilihat. Ini mengacu pada "gangguan altercentric" karena kita secara otomatis terpengaruh oleh perspektif avatar dan sulit untuk mengabaikannya.

"Ini seperti berbicara di depan kelas: Perhatian Anda seharusnya tidak menjadi penonton, tapi tidak mungkin untuk mengabaikan isyarat sosial seperti menutup mata," jelas Baskin-Sommers.

"Itu mencerminkan proses otomatis kita memikirkan pemikiran orang-orang di sekitar kita", tambahnya.

Berdasarkan tes yang diberikan tersebut, hasil menunjukkan bahwa jika avatar tidak dapat melihat semua titik, non-psikopat mengalami penundaan 100 milidetik sementara psikopat mengalami penundaan 60 milidetik.

Periset juga menemukan bahwa jika peserta mengalami penundaan yang lebih rendah, maka ia akan menghadapi semakin banyak tuduhan.

Menurut penelitian, ini menyarankan bahwa "individu psikopat memiliki kecenderungan berkurang untuk secara otomatis memikirkan perspektif orang lain," dan ini mungkin menjadi "akar kognitif dari defisit mereka dalam perilaku sosial dan perilaku moral."

Di akhir, Baskin-Sommers menambahkan bahwa psikopat hanya memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan pemikiran orang lain jika ada tujuan spesifik yang ingin mereka capai. Para peneliti berharap untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pikiran psikopat dan mengembangkan strategi untuk mengatasinya.