Setelah Hilang Selama Setengah Abad, Jenis Marsupial Ini Kembali ke Australia

By , Sabtu, 17 Maret 2018 | 10:00 WIB

Spesies marsupial yang selama ini dimusnahkan rubah, telah kembali ke alam liar Australia untuk pertama kalinya sejak 50 tahun terakhir. Ini menjadi salah satu kisah sukses konservasi yang paling menonjol.

Quoll – karnivora berbulu yang memiliki ukuran seperti kucing – menghilang dari daratan Australia pada 1960-an, namun tetap bertahan di negara bagian Tasmania.

Saat ini, eastern quoll (Dasyurus viverrinus) diperkenalkan kembali ke pantai timur negara tersebut setelah peneliti melakukan proyek selama 15 tahun. Dua puluh makhluk menggemaskan ini dilepaskan di Taman Nasional Booderee, Sydney Selatan, Australia.

(Baca juga: Ikan Mirip Alien Ini Bisa Memancarkan Cahaya Biru dan Merah Dari Matanya)

“Ini pertama kalinya Australia memperkenalkan kembali karnivora yang sudah punah ke alam liar,” ujar Darren Grover, dari WWF Australia.

“Biasanya, karnivora yang sudah punah dari daratan akan menghilang selamanya. Tidak mungkin membawanya kembali. Jadi, ini kesempatan yang langka,” tambahnya.

Grover mengatakan, selama ribuan tahun, eastern quoll memainkan peran penting dalam ekosistem sebagai pemakan serangga. “Sangat menarik untuk melihat apa yang akan terjadi. Apakah mereka memainkan peran yang sama seperti dahulu,” paparnya.

Quoll menjejakan kakinya lagi di alam liar. (Morgan Cardiff/WWF Australia/AFP)

Natasha Robinson, peneliti di Australian National University mengatakan, quoll yang biasanya hidup sendiri akan dipasang kerah pelacak (GPS) untuk memantau kemajuan mereka.

(Baca juga: Ubur-ubur Ternyata Memiliki Kemampuan Super)

“Selama tiga bulan ke depan, eastern quoll akan dipantau secara intensif menggunakan pelacak GPS. Selanjutnya, mereka akan dimonitor secara berkala dalam tiga tahun,” katanya.

“Rubah yang berada di dalam dan di luar taman nasional juga akan dimonitor agar mereka tidak menyerang quoll,” tambah Robinson.

Populasi eastern quool yang cuku[ besar terbunuh pada awal 1900-an akibat wabah misterius. Sisanya di Australia Tenggara musnah karena rubah. Quoll terakhir kali terlihat pada 1960-an di wilayah Sydney.