Cermin Pintar untuk Menarik Minat Pembeli Belanja di Toko

By , Sabtu, 17 Maret 2018 | 13:00 WIB

Banyak toko ritel yang berupaya memikat pembeli untuk kembali pergi berbelanja ke toko dibandingkan berbelanja secara online. Salah satunya adalah dengan menggunakan cermin pintar berteknologi tinggi. Pengunjung toko ritel mendapat pengalaman berbelanja yang menarik yaitu dapat mencoba berbagai produk yang dijual di toko tanpa harus menyentuhnya, lewat cermin-cermin pintar itu.

Peter John dari FaceCake Marketing Technologies sedang mendemonstrasikan Dangle kepada pelanggan. Pelanggan dapat mencoba berbagai anting tanpa harus menyentuhnya dan mengamatinya di cermin seolah-olah ia sedang mengenakan anting tersebut. Hal ini dilakukan lewat layar komputer.

Lewat teknologi pengenalan wajah dan kamera komputer Dangle mampu menempatkan anting-anting itu secara virtual di telinga calon pembeli. Ini merupakan cara unik dan menguntungkan ritel yaitu perhiasan-perhiasan itu tidak akan dicuri.

(Baca juga: Swedia Uji Coba Bus Tanpa Pengemudi)

Johnson menambahkan, harga perhiasan kini semakin mahal. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan inventaris perhiasan.

Seorang pramuniaga toko juga dapat menggunakan cermin pintar Dangle untuk memperlihatkan kepada pelanggan, berbagai gaun pesta dan aksesoris yang cocok untuk dikenakan dengan gaun tersebut.

MemoMi, adalah cermin sentuh pintar yang digunakan toko busana Neiman Marcus. Pelanggan dapat mencoba berbagai warna alas bedak atau lipstick dengan menggunakan MemoMi tanpa harus menyentuh dan menghapus lipstick atau bedak itu.

Cermin pintar yang dinamakan “Memory Makeover” bahkan merekam video saat pelanggan mencoba berbagai produk makeup di toko. Alec Gefrides, manager di Intel, perusahaan raksasa chip mengatakan, cermin pintar itu dapat memberi informasi kepada pelanggan tentang produk makeup yang telah dicoba pelanggan, bagaimana cara memakainya, mencobanya dan dapat mengulangi proses itu di rumah.

Yang menarik, selain membantu pelanggan mencoba berbagai produk di toko tanpa harus menyentuh barang-barang tersebut, cermin pintar Dangle juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran.

(Baca juga: Ketukan Jari untuk Sains Burung)

Sedangkan cermin pintar MemoMi mengumpulkan data berupa profil pelanggan dan mendapat informasi seputar pelanggan itu seperti apa yang disukai, tidak disukai dan riwayat pembelian. Data itu dapat menolong pramuniaga di toko dalam melayani, memberi informasi produk yang tepat bagi pelanggan dan akhirnya terjadi transaksi penjualan.

Sebagaimana teknologi semakin meningkat, Gefrides melihat bahwa toko ritel bangkit kembali dalam mengatasi persaingan dengan toko online.

"Kami selalu mendengar akhir-akhir ini bahwa toko ritel besar, tutup. Namun semakin banyak juga toko ritel yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan tingkat kepuasan berbelanja pelanggan di toko," kata Gefriedes. 

Artikel ini pernah tayang di voaindonesia.com. Baca artikel sumber