Balai Surati Instansi Kapal Pembuang Sampah Sembarangan

By , Rabu, 10 April 2013 | 13:40 WIB

Kepulauan Selayar tiap tahun selalu mendapatkan kiriman sampah, baik di musim Angin Barat maupun Musim Angin Timur yang bertumpuk di kedua sisi pantai daratan Selayar. Belum lagi masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Seperti halnya tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Membuang sampah ke laut adalah tindakan mencemari lingkungan yang tidak terpuji dan sangat memalukan. Seperti berita yang dilansir oleh salah satu media lokal Media Selayar , dalam berita tersebut Anak Buah Kapal kedapatan membuang sampah kapal ke laut di perairan Kepulauan Selayar.

Oleh karena itu hari ini (10/4) Kepala Balai TN. Taka Bonerate Faat Rudhianto menyambangi Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Selayar untuk koordinasi terkait dengan kejadian ini.

Dalam pertemuan tersebut perwakilan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Selayar Hasbullah yang dijumpai menyampaikan bahwa karena kejadiannya di luar wilayah kerjanya sehingga menganjurkan untuk berkoordinasi lebih lanjut dengan ke Administrator Pelabuhan Makassar.

Bungin Belle, yang menjadi tempat singgah belayan Bajo asal Pulau Pasitallu Timur di kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (Asri)

“Kami sebagai petugas konservasi menyayangkan tindakan tersebut, dan akan meminta pihak PT. Pelni menertibkan pelanggaran tersebut karena sangat tidak terpuji dan mencemari lingkungan,” ucap Faat Rudhianto. Selanjutnya kami akan menyurat ke instansi terkait sebagai bentuk keprihatinan agar kejadian memalukan seperti ini tidak berulang.