Studi Ungkap Antartika Turut Berkontribusi Perubahan Iklim

By , Minggu, 22 April 2018 | 10:00 WIB

Sebuah studi yang dipimpin IMAS baru telah mengungkapkan adanya proses yang tidak terdokumentasi sebelumnya di mana lapisan es glasial mencair dan mengubah lautan serta mempercepat laju pencairan es dan kenaikan permukaan laut.

Dipimpin oleh Alessandro Silvano, mahasiswa PhD IMAS, penelitian ini menemukan bahwa pencairan glasial membuat lapisan permukaan samudera menjadi kurang asin dan lebih ringan, hal ini mencegah terjadinya pencampuran yang dalam di musim dingin dan memungkinkan air hangat di kedalaman untuk mempertahankan panasnya dan meleleh lebih lanjut.

Baca juga: Akibat Pemanasan Global, Batas Tak Terlihat Yang Membagi AS Kini Mulai Bergeser

"Proses ini mirip dengan apa yang terjadi ketika Anda memasukkan minyak dan air dalam wadah, dengan minyak mengambang di atasnya karena lebih ringan dan kurang padat," jelas Mr Silvano.

"Hal yang sama terjadi di dekat Antartika dengan air laut glasial segar, yang tetap di atas air laut yang lebih hangat dan lebih asin, mengisolasi air hangat dari atmosfer Antartika yang dingin dan memungkinkannya untuk menyebabkan leburan glasial lebih lanjut.

"Kami menemukan bahwa dengan cara ini peningkatan pencairan glasial dapat menyebabkan umpan balik positif, mendorong pencairan lebih lanjut dari lapisan es dan karenanya peningkatan kenaikan permukaan laut."

Baca juga: Menyelamatkan Bumi dengan Mengonsumsi Hamburger Ramah Lingkungan

Studi ini menemukan bahwa air lelehan segar juga mengurangi pembentukan dan tenggelamnya air padat di beberapa daerah di sekitar Antartika, memperlambat sirkulasi laut yang mengambil dan menyimpan panas dan karbon dioksida.

"Para pencairan glasial dingin yang mengalir dari Antartika menyebabkan melambatnya arus yang memungkinkan lautan untuk menarik karbon dioksida dan panas dari atmosfer.

"Dalam kombinasi, dua proses yang kami identifikasi saling memberi makan untuk lebih mempercepat perubahan iklim."Mr Silvano mengatakan mekanisme yang sama telah diusulkan untuk menjelaskan kenaikan permukaan laut yang cepat hingga lima meter per abad pada akhir periode glasial terakhir sekitar 15.000 tahun yang lalu.

"Studi kami menunjukkan bahwa proses umpan balik ini tidak hanya mungkin tetapi sebenarnya sudah berlangsung, dan dapat mendorong percepatan lebih lanjut dari tingkat kenaikan permukaan laut di masa depan.

"Saat ini rak es menahan aliran es ke laut, bertindak seperti penopang untuk menahan lapisan es di benua Antartika.

"Di mana air laut yang hangat mengalir di bawah lapisan es, mereka dapat mendorong pelelehan cepat dari bawah, menyebabkan rak es menjadi tipis atau pecah dan mengurangi efek penopang.

"Proses ini mengarah ke naiknya permukaan laut karena lebih banyak es mengalir ke lautan.

"Hasil kami menunjukkan bahwa peningkatan lebih lanjut dalam penyediaan air lelehan glasial ke perairan di sekitar rak Antartika dapat memicu transisi dari rezim dingin ke rezim hangat, ditandai dengan tingginya tingkat pencairan dari dasar rak es dan berkurangnya pembentukan perairan bawah dingin yang mendukung pengambilan lautan atmosfer panas dan karbon dioksida, "tutup Mr Silvano.