Jelas seperti lumpur, Retakan Ini Bantu Ungkap Bentuk Air di Mars

By , Minggu, 22 April 2018 | 14:00 WIB

Ketika rover Curiosity bergerak melintasi Mars, masa lalu planet merah yang berair menjadi fokus dan lebih jelas.

Saat ini, sebuah penelitian baru telah mengonfirmasi bahwa fitur-fitur ini memang merupakan retakan yang mengejutkan, dan mengungkap detail baru tentang iklim kuno Mars.

"Kami sekarang yakin bahwa ini adalah lumpur," jelas penulis utama Nathaniel Stein, seorang ahli geologi di Institut Teknologi California di Pasadena. Karena pengeringan lumpur hanya terbentuk di mana sedimen basah terkena udara, posisi mereka lebih dekat ke pusat danau purba daripada tepi juga menunjukkan bahwa tingkat danau naik dan turun secara dramatis dari waktu ke waktu.

"Semburan lumpur itu menunjukkan bahwa danau di Gale Crater telah melewati jenis siklus yang sama seperti yang kita lihat di Bumi," kata Stein. Studi ini diterbitkan dalam Geologi online sebelum dicetak pada 16 April 2018.

Baca juga: Peneliti Temukan "Saudara" Matahari yang Hilang

Para peneliti memfokuskan pada lempengan batu seukuran meja kopi yang dijuluki "Old Soaker". Old Soaker saling silang dengan poligon yang identik dalam penampilan dengan fitur pengeringan di Bumi.

Selanjutnya tim mengambil pandangan fisik dan kimia yang dekat pada poligon tersebut menggunakan Mastzel Curiosity, Mars Hand Lens Imager, ChemCam Laser Induced Breakdown Spectrometer (LIBS), dan Alpha-Particle X-Ray Spectrometer (APXS).

Tampilan yang dekat itu membuktikan bahwa poligon - terbatas pada satu lapisan batuan dan dengan sedimen mengisi celah di antara mereka - terbentuk dari paparan udara, daripada mekanisme lain seperti rekah termal atau hidraulik.

Meskipun para ilmuwan telah mengetahui hampir sejak tahun 2012 bahwa Gale Crater pernah berisi danau, Stein menjelaskan, "lumpur sangat menarik karena mereka menambah konteks pemahaman kita tentang sistem lacustrine kuno ini."Baca juga: Berlian Meteorit Ini Ceritakan Kisah Planet yang Hilang"Kami menangkap momen tepat waktu," tambahnya. "Penelitian ini hanya satu bab dalam sebuah cerita yang Curiosity telah bangun sejak awal misinya."