Teleskop Hubble Ulang Tahun, NASA Rilis Video Lagoon Nebula

By , Senin, 23 April 2018 | 16:00 WIB

Selasa (24/04/2018), teleskop Hubble milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan berulang tahun ke-28. Sebagai bingkisan ulang tahun, NASA mengunggah foto dan video mengagumkan mengenai Lagoon Nebula.

Lagoon Nebula sendiri adalah kumpulan awan antar-bintang raksasa yang terdapat di rasi bintang Sagitarius dan berjarak sekitar 4.000 tahun cahaya dari Bumi.

Baca juga: Danau Purba di Mars Kering Sejak Miliaran Tahun Lalu

Melalui unggahan video tersebut, NASA mengajak kita untuk pergi langsung menuju jantung Nebula yang berwarna-warni. Oleh NASA, jantung nebula ini disebut sebagai "budidaya bintang yang penuh akan kelahiran serta kehancuran (bintang)".

Tepat di dalam "jantung", terdapat sebuah bintang raksasa bernama Hershel 36 yang memiliki tingkat kecerahan 200.000 kali lebih terang dan delapan kali lebih panas dari Matahari.

Tidak hanya video jantung Nebula yang diunggah oleh NASA, NASA juga mengunggah video serupa yang diambil dengan teknologi inframerah. Dengan pendekatan teknologi ini, kita dapat melihat jauh lebih banyak bintang yang sebelumnya tidak terlihat karena tertutup gas dan debu nebula.

Kedua video yang diunggah ini diambil dengan menggunakan teleskop yang diresmikan pada 24 April 1990 silam.

Baca juga: Benarkah Hantaman Pada Mars Ciptakan Adanya Phobos dan Deimos?

Teleskop yang mendapatkan cuti satu kali dalam setahun ini banyak ditugaskan untuk merekam gambar detil dari sebuah obyek dari sistem alam semesta.

"Hubble telah membawakan pandangan baru mengenai alam semesta di mana hal ini telah melampaui semua harapan selama 28 tahun yang luar biasa ini", ungkap salah seorang pihak NASA yang dikutip dari Huffington Post pada Sabtu (21/4/2018).

"Teleskop ini merevolusi hampir setiap bidang astronomi," ungkap orang tersebut lebih lanjut.

(Sumber: Kompas.com, HubbleESA)