‘Rip Van Winkle’, Tanaman yang Bisa Hibernasi Selama 20 Tahun

By , Rabu, 25 April 2018 | 18:00 WIB

Percayakah Anda jika ada tanaman yang bisa hidup kembali? Para peneliti menemukan fakta bahwa ada beberapa tanaman yang bisa ‘hibernasi’ selama 20 tahun. Itu adalah tanaman ‘Rip Van Winkle’.

Jenis anggrek ini diambil dari nama karakter fiksi Rip Van Winkle yang tertidur selama dua dekade dan melewatkan revolusi Amerika.  

Para peneliti dari Sussex University dan Tokyo University mempelajari 114 spesies tanaman dari 24 famili berbeda.

(Baca juga: ‘Hormon Cinta’ Pada Burung Ini Membuatnya Jadi Murah Hati)

Mereka menemukan bahwa tanaman yang bisa tertidur dalam waktu yang lama adalah anggrek hutan bernama Helleborine Epipactis. Ia bisa bertahan selama 20 tahun di dalam tanah tanpa muncul ke permukaan.

Rip Van Winkle diambil dari nama tokoh fiksi yang tertidur selama dua dekade. (Buku The Return of Rip Van Winkle via Dailymail)

Michael Hutchings, profesor emeritus bidang ekologi di Sussex University mengatakan: “Spesies tersebut telah menemukan cara untuk mengatasi kehilangan fotosintesis dalam keadaan dorman (berhenti tumbuh untuk sementara waktu) sehingga bisa bertahan hidup. Yakni dengan mengembangkan mekanisme yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan karbohidrat dan nutrisi dari jamur tanah.”

(Baca juga: Seberapa Sering Kita Harus Membersihkan Keyboard Komputer? Begini Menurut Sains)

Bertahan di bawah tanah juga menjadi strategi ‘Rip Van Winkle’ dalam menghadapi masa-masa sulit.

Alasan tanaman tersebut memasuki masa dormansi adalah adanya risiko tunas dimakan herbivora, musim  tumbuh yang buruk, serta musim dingin yang terlalu ringan sehingga spesies tersebut tidak sadar jika musim semi sudah datang.