Tiga Anak Beruang Tersesat di Pemukiman Warga

By , Selasa, 24 April 2018 | 19:00 WIB

Tiga anak beruang berhasil diselamatkan di Bulgaria setelah penduduk desa menemukan mereka tersesat sendirian di pemukiman warga, dekat gunung Rhodope.

Fakta bahwa tidak adanya jejak dari induk beruang ini membuat Kementerian Lingkungan menyerahkan tiga anak beruang itu ke cagar alam yang dikelola oleh organisasi Four Paws.

Dokter hewan mengatakan, anak-anak beruang itu mengalami stres. Meskipun begitu, kondisi fisiknya sangat baik.

(Baca juga: Mengapa Ukuran Mamalia Terus Mengalami Penyusutan?)

Tiga anak beruang – dua jantan dan satu betina – berusia sekitar tiga bulan. Mereka memiliki berat badan dua hingga tiga kilogram.

Para pengasuh hewan mulai memberikan mereka asupan berupa susu kambing dan vitamin, sambil menjari jejak sang ibu. Meskipun, mereka pesimis menemukannya.

“Berdasarkan pengalaman kami, 90% kasus hilangnya induk beruang menandakan bahwa mereka telah menjadi target atau ditembak oleh para pemburu,” kata Dimitar Ivanov, dari Four Paws.

(Baca juga: Inilah 10 Satwa Paling Setia)

Jika tidak berhasil bertemu dengan induknya, Four Paws berencana mengirim anak-anak itu ke rumah perlindungan beruang Arcturos, di dekat Yunani. Di sana, mereka akan dirawat sebelum akhirnya dipersiapkan untuk kembali ke alam liar.  

Menurut Kementerian Lingkungan, ada sekitar 800 beruang cokelat di Bulgaria. Beruang merupakan spesies dilindungi dengan populasi terbesar di Eropa.