Manfaat Melakukan Tai Chi Bagi Kesehatan Psikologis

By , Sabtu, 28 April 2018 | 11:00 WIB
Morandi berlatih tai chi di pantai di pagi hari, menyerap sinar matahari dan menghirup udara asin. (Lutfi Fauziah)

Gerakan yang lambat dan mengalir dari tai chi, sebuah olahraga kuno dari China, telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi orang lanjut usia dengan penyakit kronik.

Tai chi adalah rangkaian gerakan yang lembut dan mengalir. Meski terlihat lembut, tapi jika dilakukan teratur olahraga ini akan meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, postur, dan kelenturan.

Baca juga: Peneliti: Tidak Perlu Mandi Setiap Hari

Sebuah penelitian mengenai Tai Chi ini baru- baru ini dilakukan dengan menggunakan spektroskopi resonansi magnetik, sebuah metode non-invasif untuk mengukur otak dan kimia otot menggunakan mesin MRI.

Tes tersebut dilakukan pada enam orang dewasa yang lebih tua yang telah terdaftar dalam program Tai Chi selama dua belas minggu.

Baca juga: Gempa Sunda Megathrust Berpotensi Merusak Jakarta

hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ternyata ada peningkatan yang signifikan dalam penanda kesehatan saraf di otak.

Disamping itu, peneliti menemukan bahwa aktif melakukan Tai Chi mampu secara signifikan mempercepat tingkat pemulihan metabolit yang terlibat dalam produksi energi di otot-otot kaki.

Dr. Alexander Lin,seorang penulis senior dari Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School kemudian menjelaskan mengenai penelitian ini, "Manfaat Tai Chi telah dikenal secara anekdot, namun penelitian terbaru seperti penelitian kami dapat mengukur peningkatan ini dengan menggunakan ukuran objektif."