Pentingnya Musik di Mesir Kuno, Diyakini Jadi Penyelamat di Akhirat

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 20 Januari 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi penggunaan musik di zaman Mesir kuno. (Archivist - Adobe Stock)

Nationalgeographic.co.id—Apresiasi terhadap musik bersifat universal dan tak lekang oleh waktu. Temuan menunjukkan pentingnya musik tersebar luas pada periode Paleolitik Atas sekitar 50.000-10.000 SM.

Ketika datang ke peradaban yang lebih maju, para arkeolog menemukan jejak beberapa alat musik tertua di dunia di Mesir. Banyak lukisan dan ukiran dinding Mesir kuno menggambarkan orang-orang bernyanyi dan menari. Tak perlu dikatakan bahwa harus memainkan peran dalam kegiatan menghibur tersebut.

Saat memeriksa lukisan makam yang berasal dari sekitar tahun 2575 SM hingga 2134 SM, periode yang dikenal sebagai Kerajaan Lama dalam sejarah Mesir, para ilmuwan menemukan orang-orang suka bermain seruling, instrumen buluh seperti klarinet yang memiliki pipa tunggal dan ganda, kecapi, dan kecapi.

Salah satu instrumen Mesir kuno yang paling terkenal dan suci adalah sistrum, sebuah objek yang terkait dengan Hathor, seorang dewi yang melambangkan prinsip-prinsip kegembiraan, cinta feminin, dan keibuan. Benda tersebut terbuat dari tanah liat, kayu, atau logam, dan alat musik tersebut memberikan iringan ritmis pada alat musik lain, khususnya dalam upacara dan festival keagamaan.

Di makam Dinasti kedelapan belas, arkeolog Firaun Tutankhamun menemukan dua terompet dan berbagai instrumen perkusi. Terompet, salah satu dari perak murni dan salah satu dari perunggu atau tembaga, dianggap sebagai terompet operasional tertua di dunia, dan satu-satunya contoh yang masih ada dari Mesir kuno.

Studi seni Mesir mengungkapkan musisi hampir selalu laki-laki di Kerajaan Lama. Pada saat Kerajaan Baru, mereka kebanyakan adalah wanita. Dikutip Ancient Pages, orang Mesir kuno juga percaya bahwa musik dapat membantu seseorang dalam perjalanannya ke alam baka.

Di makam Kerajaan Lama dan Tengah, prasasti lagu dan himne dinyanyikan dengan iringan harpa untuk merayakan kematian. Musik adalah bagian dari kehidupan sehari-hari orang Mesir kuno, tetapi acara-acara khusus terkadang membutuhkan pertunjukan yang lebih rumit.

Festival dan hari-hari suci ditandai dengan musik dan nyanyian. Kelompok musisi terkadang harus menghibur ribuan orang. Festival seperti itu sering terjadi. Satu desa di wilayah Fayum mendedikasikan 150 hari setiap tahun untuk berpesta atas nama para dewa.

Sistrum bergaya sekhem. (Lalupa - CC BY-SA 3.0)

Berbagai macam instrumen perkusi dimainkan. Irama dipukul dengan rebana, genta gading, drum, alat musik, simbal, dan serangkaian lonceng berdentang. Alat musik petik termasuk kecapi (bentuk seperti kecapi yang menyerupai versi yang diperkenalkan dari Asia). Alat musik tiup termasuk pipa kayu (mirip dengan klarinet rakyat Mesir modern) dan seruling awal, yang terbuat dari alang-alang dan kemudian, perunggu. Alat musik seperti terompet digunakan dalam upacara keagamaan dan dalam pertempuran.

Musik tidak terbatas pada gender di Mesir kuno, tetapi beberapa instrumen dapat dimainkan oleh pria, dan beberapa hanya dimainkan oleh wanita.

Kita mungkin tidak pernah tahu seperti apa musik Mesir kuno, tetapi tidak diragukan lagi beberapa alat musik berakar pada zaman Firaun, dan mendengarkan berbagai suara sama populernya seperti sekarang ini.

Baca Juga: Mumi Janin Ditemukan dalam Rahim Wanita Mesir Berusia 2.000 Tahun