Ketika Wanita Yunani Kuno Gunakan Venus Sebagai Kalender Kehamilan

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 24 Januari 2022 | 15:00 WIB
Detail dari 'The Birth Of Venus' karya Alexandre Cabanel. (Joe Shlabotnik/ CC BY NC SA 2.0)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian telah menunjukkan bahwa kalender berdasarkan pergerakan planet Venus digunakan dalam kehidupan sehari-hari orang-orang di peradaban Aegean kuno sekitar 4.000 SM. Mereka menggunakan ini untuk mengikuti tonggak sejarah selama kehamilan.

Ini adalah penjelasan imajinasi untuk penggunaan artefak yang disebut 'wajan penggorengan' yang ditinggalkan oleh orang-orang yang tinggal di Yunani Neolitik. Benda-benda ini memiliki dekorasi lingkaran konsentris, spiral, pola radial, dan terkadang kapal dayung. Telah disarankan bahwa bentuk 'penggorengan' itu simbolis.

Minas Tsikritsis, profesor fisika ruang angkasa, percaya bahwa artefak itu digunakan sebagai kalender dan menunjukkan perhitungan astronomi dari orbit Venus, Jupiter, Mars, dan Matahari.

Penggunaan objek penggorengan, yang bentuknya diyakini simbolis, digunakan orang-orang kuno  untuk mengaitkan aktivitas dan peristiwa dalam kehidupan dengan lingkungan dan peristiwa astronomi.

Lebih lanjut, penelitian Profesor Tsikritsis juga menunjukkan bahwa orang-orang Neolitik yang tinggal di tempat yang sekarang disebut Yunani menyadari bahwa Bumi membutuhkan 365 hari untuk mengelilingi Matahari. Sementara Venus membutuhkan 584 hari dan Jupiter 399 hari.

Wadah penggorengan tanah liat dengan hiasan kapal ditemukan di Chalandriani di pulau Syros (kiri). Cycladic 'penggorengan' dengan hiasan bintang dan segitiga berbentuk kemaluan wanita di Museum Nasional, Athena. (Dan Diffendale / CC OLEH NC SA 2.0 )

Menariknya, pergerakan planet Venus ternyata berkorelasi dengan siklus biologis kehamilan. Planet Venus (berhubungan dengan Dewi Aphrodite) muncul sebelum matahari terbit selama 263 hari (kurang lebih 9 bulan bulan) dan 265 hari lagi setelah matahari terbenam.

Jadi setengah dari siklus Venus adalah sekitar 9 bulan yang bertepatan dengan siklus biologis kehamilan manusia.

Hubungan antara 'wajan' dan kehamilan diperkuat dengan munculnya simbol-simbol seperti segitiga dan rahim yang terukir pada artefak. Ini menunjukkan bahwa kalender seperti itu digunakan oleh wanita untuk menentukan apakah mereka hamil atau tidak, serta melacak tonggak kehamilan mereka.

Baca Juga: Pengamatan Transit Venus dari Gang Torong Batavia Abad Ke-18

Tampaknya orang-orang dari zaman ini di Yunani memiliki pengetahuan astronomi yang maju dan menggunakan banyak kalender kompleks untuk berbagai alasan, termasuk Mekanisme Antikythera yang terkenal.

Hubungan antara 'wajan' dan kehamilan diperkuat dengan munculnya simbol-simbol seperti segitiga kemaluan wanita dan rahim yang terukir pada artefak. Wanita dapat menggunakan kalender untuk memeriksa apakah mereka hamil dan juga melacak momen-momen penting dalam kehamilan mereka.

Ini bukan satu-satunya bukti bahwa orang-orang memiliki pengetahuan astronomi yang maju di daerah tersebut pada waktu itu. Mekanisme Antikythera yang terkenal juga menunjukkan informasi ini.