Mengenal Lebih Dalam Peradaban Moche dengan Karya Seni Keramik Seksual

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 3 Februari 2022 | 16:00 WIB
Sebuah kapal bertema seks ditemukan di Peru. (Museo Arqueologico, Lima, Peru.)

Nationalgeographic.co.id—Moche adalah peradaban misterius yang menguasai pantai utara Peru sekitar 2.000 tahun lalu. Masyarakat kuno Mocher membangun piramida besar yang terbuat dari jutaan batu bata lumpur dan menciptakan jaringan saluran air yang luas. Mereka juga pelopor teknik pengerjaan logam seperti penyepuhan dan penyolderan, yang memungkinkan mereka menciptakan perhiasan dan artefak yang luar biasa rumit.

Dikutip Ancient Origins, karena kurangnya bahasa tertulis, sedikit yang diketahui tentang peradaban Moche. Sampai tahun 1980-an, para arkeolog mulai mengungkap monumen dan makam yang berisi mural rinci, dan karya seni keramik berupa pot yang menggambarkan adegan rinci perburuan, pertempuran, pengorbanan, upacara, dan hubungan seksual eksplisit.

Sementara banyak perhatian telah diberikan pada mural yang menampilkan pemandangan kehidupan sehari-hari, serta ritual pengorbanan yang rumit. Sampai saat ini, hanya sedikit studi ilmiah yang menyelidiki bagian dari keramik Moche yang menggambarkan dewa, kerangka, manusia, hewan yang terlibat dalam berbagai variasi seperti tindakan seksual. Namun, mereka mungkin sebenarnya mewakili catatan paling rinci tentang kebiasaan seksual yang pernah ditinggalkan oleh orang-orang kuno.

Lukisan dinding moche di Huaca de la Luna, Peru. (National Geographic)

Keramik Moche

Arsitektur Moche adalah salah satu gaya seni non-abstrak yang paling representasional di Andes kuno. Moche juga dikenal sebagai kota keramik, pot terakota, kapal, dan patung. Mereka menggunakan lukisan garis halus, tanah liat untuk mewakili kegiatan sosial, perang, pengerjaan logam, menenun, dan seks.

Sampai saat ini, lebih dari 100.000 koleksi Moche telah ditemukan dan sekarang didistribusikan ke seluruh museum dan koleksi pribadi di seluruh dunia. Hampir semuanya ditemukan dari situs arkeologi penting, seperti Huaca de la Luna (Kuil Bulan), Huaca del Sol (Kuil Matahari), dan Sipán, serta dari situs pemakaman Moche yang tersebar di pantai utara Peru.

Berbagai macam tindakan seksual digambarkan dalam tembikar Moche. (Public domain)

Paul Mathieu, dalam bukunya 'Sex Pots: Eroticism in Ceramics' melaporkan bahwa “berbagai macam tindakan seksual terwakili: hubungan perempuan dengan laki-laki; ciuman dan belaian; masturbasi pria (tetapi tidak pernah masturbasi wanita); hubungan seksual antara pasangan heteroseksual, dalam berbagai posisi; adegan melahirkan; juga, persetubuhan antar hewan (katak kawin, tikus, anjing, llama, monyet, kadang-kadang pada jagung atau tanaman pangan lainnya); dan persetubuhan antara manusia betina dan hewan mitos (seperti kelelawar dan jaguar yang keduanya memiliki konotasi keagamaan khusus dalam budaya Moche).”

Ada beberapa fitur dari pot seks Moche, yang benar-benar membuat para arkeolog dan antropolog berbicara dan bertanya-tanya. Pertama, sering ditemukan penggambaran pasangan yang sedang berhubungan seks, saat wanita sedang menyusui bayinya. Kedua, tindakan seksual yang paling sering digambarkan adalah seks anal, sedangkan seks vaginal hampir tidak ada. Hal ini dapat ditentukan karena alat kelamin kedua jenis kelamin sering ditampilkan dengan detail anatomis yang cermat.

Baca Juga: Anomali Pemahaman Evolusi Makhluk Hidup Kawasan Amerika Selatan