Larangan Aneh Romawi Kuno, Rakyat Jelata Dilarang Kenakan Pakaian Ungu

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 8 Februari 2022 | 13:00 WIB
Jubah dengan warna Ungu Tyrian. (Facweb.cs/ Ancient Origins)

Nationalgeographic.co.id—Sepanjang sejarah, orang kaya dan berkuasa telah berusaha untuk mengontrol akses ke barang-barang yang dianggap mewah atau simbol status.

Namun, pada era sebelumnya, konsumsi dapat diatur secara langsung melalui pengesahan undang-undang sumptuary. Undang-undang ini melarang warga biasa memperoleh makanan, pakaian, atau barang yang terbuat dari bahan tertentu untuk memperkuat hierarki sosial.

Undang-undang yang bersifat sumptuary juga disahkan oleh lembaga-lembaga keagamaan untuk mencegah godaan dan memastikan perilaku moral. Hukum yang mengatur konsumsi telah melewati seluruh peradaban manusia dan terus ada di dunia modern (bahkan di Amerika Serikat).

Larangan Memakai Pakaian Warna Ungu Tyrian

Contoh klasik dari hukum sumptuary adalah larangan Romawi kuno untuk mengenakan pakaian yang berwarna ungu Tyrian. Warna cerahnya hanya bisa dibuat dari pewarna yang diekstraksi dari kerang dan sangat sulit dibuat.

The Giant Eastern Murex dengan warna ungu cerahnya. (Ryan Somman / Flickr)

Pewarna ungu Tyrian dibuat oleh orang Fenisia. Ungu Tyrian berasal dari spesies siput laut yang sekarang dikenal sebagai Bolinus brandaris, dan sangat langka sehingga nilainya setara dengan emas. Untuk memanennya, pembuat pewarna harus membuka cangkang siput, mengekstrak lendir yang menghasilkan warna ungu dan memaparkannya ke sinar matahari untuk waktu yang tepat. Dibutuhkan sebanyak 250.000 moluska untuk menghasilkan hanya satu ons pewarna yang dapat digunakan, tetapi hasilnya adalah warna ungu yang cerah dan tahan lama. Lebih penting lagi, siput laut ini lebih bernilai beratnya dibanding emas.

Karena biaya tinggi dan produksi intensif, Roma mengesahkan undang-undang mewah yang menyatakan hanya elit Kekaisaran Romawi yang bisa mengenakan pakaian dengan warna tersebut.

Memang, simbol posisi di kantor adalah jubah ungu Tyrian yang dihias dengan benang emas. Para senator Romawi yang terhormat akan diizinkan mengenakan garis ungu Tyrian di toga mereka. Tren ungu Tyrian berakhir tiba-tiba dengan pemecatan Konstantinopel pada tahun 1204.

Seperti yang ditulis David Jacoby, “tidak ada kaisar Bizantium atau penguasa Latin mana pun di bekas wilayah Bizantium yang dapat mengumpulkan sumber daya keuangan yang diperlukan untuk mengejar produksi ungu murex” (Jacoby dikutip dalam Pembicaraan Seni Kecil, 2015).

Pakaian yang terbuat dari pewarna sangat mahal harganya. Satu pon wol ungu harganya lebih mahal daripada yang diperoleh kebanyakan orang dalam setahun. Jadi pakaian itu secara alami menjadi kartu panggilan orang kaya dan berkuasa. Juga tidak ada salahnya jika warna ungu Tyrian dikatakan menyerupai warna darah yang menggumpal, warna yang konotasinya mengandung konotasi ilahi.

Monopoli ungu kelas kerajaan akhirnya berkurang setelah jatuhnya kekaisaran Bizantium pada abad ke-15, tetapi warnanya tidak tersedia secara luas sampai tahun 1850-an, ketika pewarna sintetis pertama memasuki pasar.

Baca Juga: Diet Unik Gladiator Romawi, Vegetarian dan Minum Abu Sebagai Tonik