Hanya di Romawi Kuno, Orang Ingin Bunuh Diri Harus Izin ke Senat

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 9 Februari 2022 | 12:00 WIB
Manuel Domínguez Sánchez, Bunuh Diri Seneca. (Imperiumonarum)

Nationalgeographic.co.id—Bunuh diri dilihat oleh orang Romawi kuno sebagai hukum yang tidak memiliki konsekuensi hukum. Jika seorang warga negara Romawi ingin bunuh diri, dia bisa melakukannya, dengan beberapa pengecualian.

Budak, tentara, dan orang yang dijatuhi hukuman mati karena kejahatan terberat tidak dapat memutuskan untuk bunuh diri. Dalam setiap kasus yang disebutkan, ada kerugian bagi masyarakat Romawi.

Dalam kasus seorang budak, pemilik kehilangan “harta” miliknya; bunuh diri seorang prajurit sama dengan desersi; sebaliknya, persetujuan hukum untuk mencabut nyawa oleh seorang penjahat yang dihukum karena pelanggaran berat sama dengan merampas hak negara untuk meminta pertanggungjawaban individu.

Menariknya, Valerius Maximus dalam karyanya Factorum et dictorum memorabilium libri novem (2, 6.7-8) menyebutkan bahwa di koloni Yunani Massalia (sekarang Marseille) ada kebiasaan bahwa penduduk koloni meminta pertimbangan positif kepada pihak berwenang yakni bunuh diri. Jika diizinkan, pihak berwenang menyediakan hemlock, yang bisa diminum atau dioleskan ke pedang.

Kematian Seneca (1684), lukisan karya Luca Giordano, menggambarkan bunuh diri Seneca Muda di Roma Kuno. (Wikipedia/Public domain)

Dalam kasus ini, senat lokal dilaporkan mendekati permintaan warga dengan sangat rasional dan baik hati, tidak membiarkan bunuh diri. Sebaliknya, upaya lain telah dilakukan untuk mengatasi masalah pelamar.

Mengikuti jalan ini, ada pendekatan serupa dalam masyarakat Romawi untuk dapat melakukan bunuh diri, seseorang harus memiliki alasan yang masuk akal dan persetujuan dari senat1. Meningkatnya jumlah kasus bunuh diri mengharuskan pihak berwenang untuk mengambil pendekatan ini.

Mengambil hidup Anda sendiri tanpa alasan dihukum dengan melakukan pemakaman yang tidak layak dan dengan demikian mengutuk jiwa ke perjalanan abadi. Menurut hukum Digesta Iustiniani dari awal abad ke-6 M, argumen yang masuk akal untuk bunuh diri adalah, misalnya, rasa sakit yang konstan dan parah, penyakit, orang gila, ketakutan akan hidup atau kehilangan kehormatan.

Hukum Romawi juga mengatur masalah properti setelah kematian seorang warga negara. Jika seorang warga negara dijatuhi hukuman mati, hartanya diserahkan kepada negara. Untuk tujuan ini, terdakwa, yang sedang menunggu persidangan dan hukuman, bisa menghindari kehilangan harta benda oleh keluarga dengan melakukan bunuh diri. Celah hukum ini telah dihapus di bawah Kaisar Domitianus (81-96 M).

Patut ditekankan bahwa orang-orang tabah memegang posisi bahwa manusia memiliki hak untuk memutuskan kapan dia ingin meninggalkan kehidupan duniawinya dan ini adalah kebebasan sejati.

Prinsip ini setia pada Seneca Muda dan istrinya Paulina, yang memutuskan untuk memotong pembuluh darah mereka; yang mereka lakukan lebih banyak atas permintaan Kaisar Nero daripada karena takut kehilangan kehormatan mereka. Cicero berpendapat bahwa bunuh diri adalah cara untuk melepaskan rantai; namun, dia menekankan bahwa tidak pantas untuk mengambil nyawa kita sendiri ketika hidup kita secara umum bermanfaat.

Baca Juga: Larangan Aneh Romawi Kuno, Rakyat Jelata Dilarang Kenakan Pakaian Ungu