Orang Romawi Kuno Telah Gunakan Toilet Portabel, Ini Penampakannya

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 14 Februari 2022 | 11:00 WIB
Panci kamar abad ke-5 M dari vila Romawi di Gerace, Sisilia (Italia). (Roger Wilson/ Ancient Pages)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi baru mengungkapkan bagaimana para arkeolog dapat menentukan kapan pot digunakan oleh orang Romawi sebagai toilet portabel, yang dikenal sebagai pispot.

Pot berbentuk kerucut jenis ini telah dikenal cukup luas di Kekaisaran Romawi dan karena tidak adanya bukti lain, mereka sering disebut toples penyimpanan atau pot kamar. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Archeaological Science Reports. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, para arkeolog di University of Cambridge menganalisis material berkerak yang terbentuk di permukaan bagian dalam pot keramik yang berasal dari abad kelima dari situs vila Romawi di Sisilia.

Setelah menggunakan mikroskop untuk mengidentifikasi parasit usus, tim dari Ancient Parasites Laboratory mengidentifikasi telur cacing cambuk, membenarkan bahwa kapal tersebut pernah berisi kotoran manusia.

"Sangat menarik untuk menemukan telur cacing parasit ini 1.500 tahun setelah mereka disimpan," kata rekan penulis Tianyi Wang, University of Cambridge.

Cacing cambuk adalah parasit manusia yang panjangnya sekitar lima sentimeter dan hidup di lapisan usus kita. Telur-telur yang mereka taruh bercampur dengan kotoran manusia, dan dengan demikian akan disimpan dalam pispot saat digunakan. 

“Kami menemukan bahwa telur parasit terperangkap di dalam lapisan mineral yang terbentuk di permukaan pot, sehingga melestarikannya selama berabad-abad," kata rekan penulis Sophie Rabinow, juga dari tim Cambridge.

Ini adalah pertama kalinya telur parasit diidentifikasi dari beton di dalam wadah keramik Romawi dan menegaskan pot Gerace pasti digunakan untuk menampung kotoran manusia. Meskipun ukuran pispot Gerace (tinggi 31,8 cm dengan diameter 34cm di tepinya) menunjukkan bahwa itu bisa digunakan untuk duduk dan diyakini digunakan orang Romawi kuno bersama dengan anyaman atau kursi kayu di mana pispot telah dipasang.

Telur cacing cambuk mikroskopis dari pispot. Bilah skala hitam mewakili 20 mikrometer. (Sophie Rabinow/ Ancient Pages)

Keramik adalah salah satu bentuk artefak arkeologi yang paling umum ditemukan dari situs Romawi. "Temuan menunjukkan bahwa analisis parasit dapat memberikan petunjuk penting untuk penelitian keramik," kata Rabinow.

Teknik ini hanya akan berhasil jika setidaknya salah satu dari orang-orang yang menggunakan pispot itu terinfeksi cacing usus. Dimana parasit tersebut endemik di negara berkembang saat ini, lebih dari setengah orang terinfeksi oleh setidaknya satu jenis parasit usus. Jika orang Romawi terinfeksi seperti biasanya, ada kemungkinan besar bahwa pendekatan ini akan mengidentifikasi sebagian besar bejana seperti pot kamar jika endapan bertatahkan dipertahankan.

Piers Mitchell, ahli parasit yang memimpin penelitian di laboratorium, mengatakan, "Panci ini berasal dari kompleks pemandian di sebuah vila Romawi. Sepertinya mereka yang mengunjungi pemandian akan menggunakan pispot ini ketika mereka ingin pergi ke pemandian, karena tidak memiliki jamban sendiri. Jelas, kenyamanan penting bagi mereka."

Mitchell menambahkan, "Di mana pot Romawi di museum tercatat memiliki konkresi mineralisasi ini di dalam dasarnya, mereka sekarang dapat diambil sampelnya menggunakan teknik kami untuk melihat apakah mereka juga digunakan sebagai pot kamar."

Identifikasi telur parasit usus dalam pispot memiliki potensi untuk memajukan pemahaman kita tentang sanitasi, pola makan, dan kesehatan usus orang-orang di masa lalu.